Rumah \'Surga\' Irfan Hakim (9)

Mau Beli Barang Antik? Simak Tips Irfan Hakim Ini

- detikHot
Kamis, 19 Sep 2013 16:39 WIB
Jakarta - Hobi mengumpulkan barang antik membuat presenter Irfan Hakim tahu mana barang yang asli dan palsu. Agar tidak tertipu, ia mau membagi sedikit tips pada Anda yang punya kegemaran serupa.

"Sebenarnya sampai sekarang juga aku masih terus belajar bedain mana asli dan palsu. Tapi, minimal bisa kelihatan misal dari model atau ukiran. Biasanya suka ada ciri historis," kata Irfan saat ditemui di kediamannya kawasan Jaticempaka, Bekasi, Selasa (17/9/2013).

Sebagai kolektor, lanjutnya, seseorang harus jeli dan jangan cepat percaya apabila ada yang menawarkan barang antik. Pasalnya, saat ini banyak beredar barang baru yang dibilang antik.

Selain itu, ada klasifikasi tertentu yang membedakan suatu benda disebut antik. Pertama, kategori antik. Kedua, barang langka. Terakhir, benda antik yang diperbarui atau disebut juga repro.

Perkara harga juga perlu diperhatikan. Biasanya, semakin benda tersebut punya nilai sejarah tinggi, maka harganya semakin mahal. Jadi, jangan percaya apabila ada yang menawarkan benda antik dengan harga yang tidak wajar.

"Memang susah-susah gampang bedain mana yang asli sama palsu. Kalau aku sih karena kenal sama orang yang ahli soal barang antik, suka dikasih informasi ada yang jual nih," ujarnya.

Pria pecinta binatang ini suka mencari barang-barang antik kemanapun. Paling sering menjelajahi daerah di sekitar Solo, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Di sana ia punya langganan yang biasa menawarkan benda antik.

Kalau sudah melihat barang yang disukai, Irfan sering merasa deg-degan. Takut menyesal jika tidak segera dibeli. Soal harga, masing-masing orang punya penilaian yang subyektif.

"Soal harga murah apa mahal itu relatif sih ya. Untuk sebuah hobi, kadang bisa terlihat murah. Apalagi kalau barang itu punya nilai sejarah yang tinggi. Nilai sejarah sama keasliannya bisa jauh lebih besar dari nilai nominal. Ada kepuasan dan kesenangan tersendiri," kata Irfan.

Selama bertahun-tahun mengumpulkan barang antik, suami dari Della Sabrina Indah Putri itu sampai tidak bisa menghitung lagi berapa koleksi yang ia miliki.

Semua benda tersebut diletakkan di setiap sudut rumah dengan perawatan berkala. Minimal, harus selalu dibersihkan dari debu setiap hari. Untuk barang tertentu, bahkan disimpan di tempat khusus.







(utw/utw)