Butet Kertaredjasa Hingga Syaharani Sukses Meriahkan 'Maha Cinta Rahwana'

- detikHot
Sabtu, 31 Agu 2013 09:56 WIB
Jakarta - Peringati 25 tahun berkarya dalam seni musik, Sujiwo Tejo kembali menggelar konser musik bertajuk 'Maha Cinta Rahwana'. Seniman sekelas Butet Kertaredjasa sampai Syaharani sukses menambah meriah konser musik itu.

Sujiwo Tejo, mengemas konsernya dalam cerita cinta Rahwana pada Dewi Sinta. Menggunakan pakaian berwarna hitam tanpa kancing, Sujiwo Tedjo, membuka pagelaran 'Maha Cinta Rahwana' sekitar pukul 20.00 WIB di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat (30/8/2013).

"Gerimis mengingatkanku pada Sinta. Sinta dianggap Rahwana sebagai titisan Dewi Widdowati," Mbah Tejo, begitu sapaan akrabnya mulai mendalang membuka pertunjukan.

Tata panggung sederhana, terlihat istimewa dengan dua sisi berbeda. Ada band di sisi kiri dan karawitan di sisi kanan dari arah penonton. Dua musik beda aliran itu, mengiringi konser itu dengan apik. Aransemen musik yang beragam, mulai dari dangdut, pop, rock, hingga karawitan membawa penonton dalam kenikmatan berbeda.

Penggambaran Sinta yang diculik Rahwana, dijabarkan dalam alunan nyanyian merdu suara Syaharani. Enerjik bersama Mbah Tejo, Syaharani melantunkan lagu 'Anyam-anyaman Nyaman' dan 'Blak-blakan'.

Pagelaran semakin hidup dengan guyonan Trio GAM, seniman asal Yogya. Berlakon sebagai resi (tokoh agama), Butet Kartaredjasa pun keluar dengan busana serba putih. Celotehan para wayang yang terkadang menyentil beberapa publik figur, mampu membuat seluruh penonton tertawa terbahak-bahak.

Suasana semakin bersemangat ketika Bintang film 'Kafir' itu juga mengajak penonton menyanyikan lagu 'Jancuk' dengan aransemen musik rock. "Aku melempar (mic ke penonton) bukan karena nggak hafal. Tapi karena ada maknanya biar cangkemmu (mulutmu) ngomong Jancuk," ucapnya menyindir, diiringi tawa penonton.

Masih terus mengisahkan cinta terlarang Rahwana pada Sinta, ditengah jalan cerita. Lanjut, dengan suara yang mendayu, Sinden Sruti Respati menyanyikan sekitar empat lagu selama konser, diantaranya 'Ole Olang Wanita'.

Tak ketinggalan Glenn Fredly dan Tya Subiakto malam itu, juga menampilkan penampilan terbaiknya. Dalam pagelaran ini, Glenn melantunkan lagu 'Maha Cinta Rahwana'. Penonton pun dibawa masuk dalam suasana, santai melalui untaian kata bernada dari suarra merdu Glenn.

Sekitar 2 jam dari pukul 20.00 WIB, sekitar 14 lagu yang lebanyakan berbahasa Jawa menghibur penonton. Dalam konsernya, Mbah Tejo juga menyanyikan sekitar 11 lagu, di antaranya lagu 'Kidung Kasih' yang juga menjadi penutup konser.

Masih dengan bintang-bintang berkelas, seperti Dewa Budjana, Putri Ayu, dan Anji akan meramaikan konser di hari ke-2. Pagelaran musik 'Maha Cinta Rahwana' akan kembali digelar pada hari Sabtu (31/8/2013) di Gedung Graha Bakti Budaya, TIM pukul 20.00 WIB.



(pus/nu2)