detikHot

art

Agenda Budaya Akhir Pekan: 'Kadal Nguntal Negoro' di TIM

Jumat, 28 Okt 2011 16:23 WIB - detikHot
Jakarta - Rangkaian pertunjukan yang bernaung di bawah bendera Indonesia Kita akhirnya sampai pada lakon yang terakhir. Butet Kartaredjasa dkk akan mementaskan Tonil Musikal bertajuk 'Kadal Nguntal Negoro' sebagai penutup setelah 5 pertunjukan sebelumnya.

Dengan subjudul 'Korup Siji Korup Kabeh' alias Korup Satu Korup Semua, lakon 'Kadang Nguntal Negoro' akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Jumat-Sabtu (28-29/11/2011) pukul 20.00 WIB. Ditambah, pertunjukan ekstra pada Sabtu (29/11) pukul 14.00 WIB.

'Kadal Nguntal Negoro' merupakan sebuah satir tentang Indonesia hari ini yang dikuasai oleh para koruptor. Alkisah, situasi dunia perkorupsian yang aman terkendali tiba-tiba terguncang ketika ada seorang koruptor dengan rela dan baik hati mengakui dirinya koruptor. Tentu saja, tindakan itu memicu kemarahan para koruptor lain.

Lakon itu merupakan seri ke enam pertunjukan Indonesia Kita yang digelar sepanjang tahun ini. Sebelumnya adalah 'Laskar Dagelan', 'Beta Maluku', 'Kartolo Mbalelo', 'Mak Jogi', dan 'Kutukan Kudungga'. Ini merupakan proyek kerjasama Tim Kreatif yang terdiri Butet Kartaredjasa, Agus Noor & Djaduk Ferianto dengan Djarum Apresiasi Budaya dan Djarum Foundation.

Tim Kreatif menjanjikan, pertunjukan penutup ini akan menjadi tontonan yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Djaduk akan mengusung orkes keroncongnya yang bernama Sinten Remen ke atas panggung. Seniman-seniman Jogja lainnya pun bakal tampil kembali, seperti Susilo Nurgroho, Udin Semekot, Trio GAM (Gareng Rakasiwi, Wisben, Joned), Yu Ningsih, dan Dibyo Primus, ditambah bintang tamu Indro Warkop.

Tiket dibagi dalam 3 kelas, masing-masing dengan harga Rp 200,000, Rp 100.000 dan Rp 75.000. Seperti sebelumnya, pementasan juga akan disertai dengan gelaran Pasar Kuliner. Kali ini akan dihadirkan aneka jajanan dari berbagai daerah yang menjadi favorit pada acara Pasar Kuliner sebelumnya.




(mmu/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com