DetikHot

art

Widayat Pelukis Serba Bisa, Kuasai Kubisme Hingga Dekoratif Magis

Rabu, 30 Apr 2014 11:15 WIB  ·   - detikHOT
Widayat Pelukis Serba Bisa, Kuasai Kubisme Hingga Dekoratif Magis (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Magelang - Ia disebut sebagai pelukis serba bisa. Berbagai macam gaya melukis hingga tema terhadap objek lukisannya selalu berbeda-beda. Tak ada satu pun yang sama. Imajinasinya mengalir bebas setiap hari tiada henti.

Falsafah hidupnya adalah berdoa, berkarya, dan beramal. Ketiga hal ini diterapkan Widayat hingga meninggal pada 22 Juni 2002 silam di usia ke-83 tahun.

Gaya kubisme dipengaruhi oleh Pablo Picasso. Ia sangat menyenangi karya-karya seniman asal Spanyol tersebut. Namun, dari berbagai pengaruh, lukisan karya Widayat dikenal dengan gaya dekoratif magis. Mengapa?

Kolektor seni rupa asal Magelang, Oei Hong Djien alias OHD menjelaskan jika setiap lukisannya penuh dengan detil dan tampak seperti monokrom. "Tapi kalau didekati jadinya multiwarna."

Setiap kolektor dan pecinta seni yang melihat lukisannya akan merasakan suasana khas Indonesia-nya. Ada yang melambangkan perjuangan dengan bentuk unik. "Saya menyebutnya sebagai magical decorative atau dekoratif magis," kata OHD.



"Banyak seniman yang mengacu terhadap gaya ekspresionisme Barat yang banyak kita ketahui. Tapi Widayat justru dekoratif, setiap detilnya ada," katanya.

Dekoratif yang digunakannya adalah dua dimensi. Hal ini juga didapatkan Widayat, kata Oei, dari ibunya yang merupakan pembatik ulung. Setelah lulus kuliah, ia juga sempat belajar dua tahun ke Jepang, hingga dalam karyanya nampak gaya timur.

"Warna yang dipakai bukan primer saja tapi begitu fantastis dan tidak terduga. Karyanya selalu membuat kagum dan buat kolektor 'greng' atau terasa tersetrum listriknya," kata Oei yang juga dikenal sebagai grader untuk PT Djarum Kudus.


(tia/utw)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed