Cara Sigi Wimala Cegah Kram Otot Akibat Kurang ION

- detikHot
Selasa, 04 Nov 2014 00:00 WIB
Jakarta -

Cara orang untuk memulai hari bermacam-macam; ada yang mengawalinya dengan mendengarkan musik, membaca timeline di social media, atau menyiapkan sarapan. Begitu pula dengan berolahraga, cara orang untuk memulainya dengan pemanasan pun bermacam-macam.

Yang pasti persiapan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai segala sesuatu. Sama halnya dengan Sigi Wimala, artis dan model yang juga aktif berolahraga secara rutin. Menurut Sigi, melakukan pemanasan sebelum olahraga, seperti stretching dan berlari-lari kecil dapat membantu kelancaran berolahraga dan menghindari cedera, seperti kram otot.

Lalu selain tidak melakukan pemanasan, apa lagi sih, yang sebenarnya menyebabkan otot kram sehabis berolahraga?

Menurut S. Rujito, SST. FT, terjadinya kram otot berhubungan dengan penurunan konsentrasi serum ion (Na+, K+, Mg2+, Cl-, dan Ca2+) akibat banyak berkeringat atau terlalu banyak minum cairan tanpa kandungan ion. Misalnya ion Kalsium (Ca2+) yang bertugas membantu proses kontraksi dan relaksasi otot. Jika kekurangan ion Kalsium ini, bisa mengakibatkan kram otot karena proses kontraksi dan relaksasinya terganggu.

Itu sebabnya, jaga asupan ION tubuh saat pemanasan sehingga risiko cedera dapat terminimalisir. Dengan asupan cairan tubuh yang mengandung ION dan pemanasan yang tepat, hasil olahraga pun akan maksimal. Pastikan POCARI SWEAT selalu mendampingi di tiap aktivitas. Komposisinya yang mirip dengan cairan tubuh, akan lebih cepat diserap oleh tubuh dan tetap terhidrasi sehingga terhindari dari risiko cedera.

(adv/adv)