'Dark Shadows': Kembali ke Vampir Klasik

Candra Aditya - detikhot
Senin, 14/05/2012 11:04 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2012/05/14/218/DarkShadows-dlm.jpg
Jakarta -
Semenjak kisah cinta mengharu-biru antara Bella Swan dan Edward Cullen dirilis dan membuat jutaan perempuan menjerit dan menjadi histerikal, Hollywood memutuskan untuk membuat tren vampir menjadi lebih ekstrem lagi. Yang menarik adalah ketika sutradara kondang nan nyentrik Tim Burton mengajak partner abadinya Johnny Depp untuk membuat film vampir versi mereka.

'Dark Shadows' merupakan sebuah adaptasi dari serial TV lawas yang tayang pada 1966 – 1971, menceritakan tentang kehidupan Barnabas Collins (Johnny Depp) yang dikutuk menjadi vampir oleh Angelique Bouchard (Eva Green). Angelique Bouchard mencintai Barnabas Collins dengan segenap hatinya. Namun, ketika menyadari bahwa Barnabas akan tetap mencintai Josette (Bella Heathcote), Angelique tidak mempunyai pilihan lain kecuali mengutuk Barnabas.

Waktu berlalu dan hampir dua abad kemudian peti Barnabas Collins terbuka, dan pergilah dia ke istana pribadinya. Bertemulah dia dengan Elizabeth Collins (Michelle Pfeifer) yang sekarang menjadi pemilik istana Collinwood. Tidak hanya Elizabeth, Barnabas juga bertemu dengan penghuni Collinwood yang aneh seperti Dr. Julia Hoffman (Helena Bonham Carter) si psikiater alkoholik, Willie Loomis (Jackie Earle Haley) sang perawat rumah, Roger Collins (Johnny Lee Miller) yang punya hobi mengutil, Carolyn (Chloe G. Moretz) sang Dewi Rock&Roll, dan si kecil David (Gulliver McGrath) yang masih terbayang-bayang oleh kematian ibunya.

Satu-satunya penghuni Collinwood yang tampak normal adalah Victoria Winters (Bella Heathcote) yang menjadi pengasuh David. Tapi bahkan Victoria pun sepertinya memiliki rahasia.

Kini dengan Barnabas menetap (kembali) di Collinwood, mereka semua berusaha untuk menjalankan bisnis mereka dan mencoba meraup kejayaan mereka seperti sedia kala. Masalahnya adalah… Angelique masih hidup dan tidak akan tinggal diam melihat keluarga Collins melakukan itu semua!

Memang agak susah untuk mengadaptasi 1.225 episode serial TV ke dalam 2 jam film layar lebar. Dan usaha ambisius ini terbilang kurang greget terutama ketika sang penulis skenario Seth Grahame-Smith mengakhiri filmnya dengan klimaks yang kurang menggigit. Padahal caranya membangun drama, konflik dan pengenalan karakternya sudak oke. Dan jokes-nya pun sebagian besar membuat seisi bioskop tertawa riuh. Kalau saja Smith bisa memberikan babak akhir yang mumpuni, 'Dark Shadows' bisa jadi akan menjadi hit tersembunyi di antara film musim panas yang dirilis tahun ini.

Secara visual film ini luar biasa. Serahkan semua kepada Tim Burton untuk membuat sebuah film tentang keluarga disfungsional, berbagai macam sihir dan hal-hal supernatural menjadi sebuah tontonan yang lumayan menyenangkan.  Next »

Halaman 12

(mmu/mmu)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


MustRead X