Hannah Al Rashid Sosok Aktris yang Peduli Keadilan
Hannah Al Rashid Sosok Aktris yang Peduli Keadilan
Senin 14 Mei 2018 | 18:00 WIB

Hannah Al Rashid Sosok Aktris yang Peduli Keadilan

Foto: Asep Syaifullah
Hannah Al Rashid memang dikenal sebagai pemain film pada belakangan ini. Namun ia juga aktif menyuarakan hak-hak asasi perempuan serta peduli akan isu sosial.
 

Hannah Al Rashid memang dikenal sebagai pemain film pada belakangan tahun ini. Namun ia juga aktif menyuarakan hak-hak asasi perempuan serta peduli akan isu sosial.

Berawal sebagai model video klip band Yovie & Nuno, sejak itu namanya mulai merintis sebagai pelakon layar perak. Perempuan kelahiran London, 32 tahun silam itu memang lahir dan besar di London, Inggris. Terlahir dari keluarga dua budaya yang berbeda, Hannah Al Rashid memang sejak kecil sudah peduli akan hak-hak dan keadilan bagi wanita.

Baca juga: Hannah Al Rashid Setuju Adanya Kurikulum 'Kesetaraan Gender'

Hal tersebut terungkap saat dirinya masih duduk di bangku sekolah di London. Ketimpangan gender pada dirinya terasa saat dirinya aktif di kegiatan olahraga sepak bola.

Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah


Dalan sesi wawancaranya dengan detikHOT, Hannah Al Rashid juga menyelipkan kisah dirinya yang sempat mengalami pelecehan seksual. Perempuan yang menyukai buku karya Pramoedya Ananta Toer itu juga menjadi duta PBB untuk Indonesia untuk kesetaraan gender. Baginya masih kurangnya kepedulian masyarakat luas Indonesia akan pengertian kesetaraan gender.

Sebagai pelaku seni di Tanah Air, Hannah Al Rashid juga sempat mengalami ketidakadilan pada dirinya. Proses syuting yang meminta dirinya untuk lebih berpenampilan seksi dan kurus sering ia alami kala itu.

Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Hannah Al Rashid saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah


Ia pun juga menyuarakan agar diperhatikan fasilitas seperti ruang menyusui untuk ibu menyusui memadai di tempat-tempat umum. Sebagai sosok yang memiliki peranan, Hannah juga berpendapat bahwa isu ketidaksetaraan gender maupun pelecehan seksual yang dialami perempuan tidak menjadi eksklusif bagi para aktivis.

Baca juga: Hannah Al Rashid Sadar Ketidaksetaraan Gender Sejak Kecil

Hannah yang namanya mulai dikenal lewat film 'Modus Anomali' karya Joko Anwar itu juga berharap bahwa kurikulum soal 'kesetaraan gender' perlu jadi agenda penting bagi pendidikan di Tanah Air. Lantas bagaimana dengan kisah remaja Hannah Al Rashid? Simak terus berita selengkapnya hanya di Celeb of The Month detikHOT.

Wardrobed by Rama Dauhan Studio.
Aksesoris by House of Jealouxy.
Make up by Ifan Rivaldi.

* * *
Related Articles
Latest Articles