DetikHot

tv-news

Mengulik Pembuatan Audio 'Adit Sopo Jarwo'

Senin, 20 Mar 2017 16:32 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Mengulik Pembuatan Audio Adit Sopo Jarwo Foto: MD Animation
Jakarta - Musik dan suara adalah salah satu elemen penting dalam pembuatan sebuah film dan acara televisi, termasuk dalam pembuatan animasi.

detikHOT berkesempatan melihat langsung bagaimana proses pembuatan audio dari kartun 'Adit Sopo Jarwo' yang mulai tayang hari ini, Senin (20/2/2017) di Trans TV pada pukul 5 sore.

"Tantangan terbesar dari membuat scoring ya untuk membangun suasana yang ada di sini (di film animasi)," ungkap Indra Oktiana dari divisi audio MD Animasi yang bertanggung jawab dalam pembuatan scoring 'Adit Sopo Jarwo'.

Indra mengungkapkan, dalam membuat scoring, ia membutuhkan waktu paling lama satu hari untuk menuntaskan satu episode. Jika sedang memungkinkan, ia dapat menuntaskan satu episode hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Beranjak dari ruangan pembuatan scoring, detikHOT juga mengunjungi ruang untuk proses mixing suara.

Mengulik Pembuatan Audio 'Adit Sopo Jarwo'Foto: Hanif Hawari/detikHOT


"Mixing ini adalah proses menggabungkan suara, musik, dengan sound effect jadi semuanya lebih enak didengar," jelas Candra Diary yang bertanggung jawab untuk mixing dalam divisi audio MD Animasi.


Dalam pembuatan sound effect, ada sesuatu yang menarik. "Untuk sound effect, kami ada yang take langsung, ada yang stock, ada yang dari library," ceritanya.

Yang sulit dicari adalah sound effect untuk bunyi-bunyian yang hanya ada di Indonesia. Contohnya, bunyi kendaraan khas Jakarta, yaitu bemo.

"Jadi kami hunting, nyari bemo di Benhil, diputer-puter di kantor, dari jauh ke deket, dari deket ke jauh, dia starter, dia geber-geber, kami rekam. Kalau sound effect yang cuma ada di sini (Indonesia) mau nggak mau harus rekam sendiri," kisah Candra.
(srs/mmu)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed