DetikHot

tv-news

'Menghidupkan' Karakter Adit, Sopo, dan Jarwo

Senin, 20 Mar 2017 13:21 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Menghidupkan Karakter Adit, Sopo, dan Jarwo Foto: dok Trans TV
Jakarta - Episode baru dari animasi 'Adit Sopo Jarwo' akan tayang mulai hari ini, Senin (20/3/2017) di Trans TV. Meski pun terlihat sederhana, akan tetapi ada proses panjang di balik hadirnya tokoh animasi tersebut.

detikHOT mendapat kesempatan untuk mengintip langsung pembuatan kartun yang didedikasikan untuk semua usia ini.

Dalam 'menghidupkan' karakter Adit, Sopo, dan Jarwo, diperlukan riset yang mendalam. Pasalnya, meskipun tidak diceritakan dalam cerita, mereka membuat karakter dari seluruh tokoh animasi tersebut secara utuh.

"Kami design dari nol. 'Oh dia anaknya ini, dia anaknya baik, anaknya sopan, anaknya soleh', itu karakter itu di-create," ungkap CEO MD Entertaiment, Manoj Punjabi kepada detikHOT saat ditemui di MD Place, Jakarta.

'Menghidupkan' Karakter Adit, Sopo, dan JarwoFoto: Hanif Hawari/detikHOT


Terdapat sedikitnya 14 karakter dalam serial animasi 'Adit Sopo Jarwo'. Tiga karakter utama adalah Adit, Sopo, dan Jarwo, sedangkan ada 11 karakter pendukung yang terdiri dari Ayah, Ibu, Dennis, Mytha, adik Adit yang bernama Adel, dan lain-lain.


Satu per satu karakter tersebut diciptakan dengan begitu mendalam dan detail. "Kami bahas seperti kami bikin kue. Ini adit dikasih sifat nakal sedikit, dikasih lucu sedikit. Itu detail banget," ungkap Operational Director MD Animasi Room, Arnas.

Tak hanya karakter, tim pencipta 'Adit Sopo Jarwo' juga memikirkan peristiwa apa yan terjadi sebelum episode satu berlangsung, yang menyebabkan karakter mereka terbentuk.

'Menghidupkan' Karakter Adit, Sopo, dan JarwoFoto: Hanif Hawari/detikHOT


"Kami melakukan riset terhadap masing-masing karakter tadi. Kalau Jarwo deskripsinya seperti apa, asal usulnya apa, bahwa dia sebenernya bercita-cita kepengen jadi komandan. Itu kan tidak terlihat di ceritanya, tapi pada saat dibuat itu dipikirkan," ungkap Head of Creative MD Animasi, Fredy.

Cerita yang dekat dengan keseharian ini berlatar sebuah kampung bernama Kampung Berkah. Dalam kampung itu ada dua pemukiman, yang pertama adalah komplek perumahan tempat Adit dan keluarganya tinggal, lalu ada pula perkampungan di belakangnya.

"Tapi semuanya membaur," jelas Fredy.
(srs/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed