DetikHOt - Top Ten 2016
BACK TO TOP

Jumat, 30/12/2016 09:48 WIB

Catatan Akhir Tahun Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia (1)

Desi Puspasari - detikHot
Sepanjang tahun 2016, banyak peristiwa yang terjadi di jagad hiburan Indonesia. Berikut detikHOT merangkumnya mulai dari kabar duka, perceraian, hingga masalah lain seputar selebriti Indonesia sepanjang tahun 2016.

1. Artis Tersandung Narkoba

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Veynindia Esaloni

Kabar mengejutkan datang ketika salah satu aktor dalam sinetron 'Anak Jalanan', Dylan Carr di awal tahun. Dylan ditangkap dengan barang bukti ganja saat sedang berada di lokasi syuting. Beruntung Dylan diputuskan menjalani rehabilitasi.

Selain Dylan, aktor Jupiter Fortissimo juga terbukti memiliki narkotika untuk konsumsi pribadi. Meski sempat menjalani rehabilitasi, Jupiter divonis 2 tahun 6 bulan hukuman penjara. Narkoba juga membelit artis Restu Sinaga. Sampai saat ini Restu masih menjalani pearsidangan dan menunggu vonis dari hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas kepemilikan ganja, 17 butir psikotropika jenis dumolid, serta 26 butir psikotropika happy five.

Pedangdut Imam S Arifin untuk ketiga kalinya pada 27 Agustus 2016 dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram, alat hisap dan timbangan elektronik. Kemudian yang paling menggemparkan adalah ketika Polres Mataram mennggerebek ketua PARFI, Gatot Brajamusti bersama dengan istri dan beberapa orang termasuk Reza Artamevia di salah satu hotel di Lombok, NTB pada 28 Agustus.

DIketahui barang bukti yang diduga sabu disebut oleh Gatot sebagai Aspat yang merupakan makanan jin. Reza dan Elma Theana yang pernah mnjadi murid Gatot juga mengetahui bila barang tersebut dinamakan aspat. Sampai saat ini kasus Gatot masih dalam proses pemeriksaan, sedangkan Reza sudah selesai menjalani rehabilitasi.

Menutup tahun 2017, model cantik Anggita Sari ditangkap di kediamannya dengan barang bukti 55 butir psikotropika. Dia disangkakan melanggar pasal 62 UU RI Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman 5 tahun penjara. Saat proses hukumnya terus berlanjut, Anggita kini menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur.

2. Artis Terlibat Pelecehan Seksual

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Agung Pambudhy

Selain narkoba, ada juga beberapa nama selebriti tersangkut dalam masalah pelecehan seksual. Pada buan Februari, pria bernama Reza Pahlevi dan Gigih Arsanofa melaporkan Indra Bekti dengan dugaan tindak pelecehan seksual. Gigih lebih dulu melaporkan Bekti denga bukti berupa capture chat WhatsApp yang diklaim sebagai percakapan dirinya dengan Bekti. Pria bernama Inbek dalam screenshoot itu menjawab chat dengan tulisan, "Next week ya.. Asyiiik ML ya,". Sayang laporan Gigih ditolak Polda Metro Jaya karena dianggap kurang bukti. Diakhir tahun ini, Gigih kembali 'bernyanyi' dengan memposting sebuah foto mobil mewah yang disebutnya sebagai uang damai dari Bekti. Tapi, ucapan Gigih kembali dibantah oleh pihak Bekti.

Sekitar bulan Februari, Saipul Jamil muncul dengan berita yang menggemparkan ketika seorang ABG laki-laki melaporkannya dengan dugaan pencabulan. Alhasil, mantan suami Dewi Persik itu dijatuhi hukuman 3 tahun penjara. Nasib, baru saja mendapat vonis sang kakak, Samsul dan tim pengacaranya tertangkap tangan oleh KPK tengah melakukan transaksi dengan panitera pengganti yang menangani kasus sang pedangdut di Pengadilan Jakarta Utara. Saat ini, status Saipul pun menjadi tersangka dalam kasus penyogokan.

3. Prostitusi Artis Makin Panas

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Lamhot Aritonang

Ditahun 2016, prostitusi artis ternyata masih jadi perbincangan hangat. Sekitar 19 Februari, pedangdut Hesty Klepek Klepek diamankan oleh Polda Lampung. Hesty diamankan bersama seorang pria bernama Kiki Sopian yang diduga sebagai muncikari. Saat kejadian itu, Hesty Klepek-klepek tengah hamil 4 bulan. Hesty yang kekeuh tidak terlibat dalam prostitusi online itu, hanya berstatus sebagai saksi korban.

Bebasnya mucikari artis Robbi Abbas ternyata kembali membuka cerita soal prostitusi artis. Bebas pada 10 Mei 2016, Robbi banyak 'bernyanyi' tentang para artis yang pernah bekerja dengannya. Dimulai dengan melaporkan Shinta Bachir dengan dugaan pencemaran nama baik, Robbi membeberkan tarif dan menyebutkan nama Tyas Mirasih, Amel Alvi hingga Shinta sebagai 'anaknya'. Terakhir, Robbi berkicau tentang masa lalu Chef Aiko yang kemudian dibantah oleh sang juru masak dengan melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

4. 'Drama' Persahabatan Para Artis

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Noel/detikHOT

Ada saja cerita yang terjadi dalam kehidupan para artis. Ada yang dahulu bersahabat kini jadi musuh. Ada juga yang dahulu musuh kini menjadi sahabat.

Prahara unfollow akun media sosial, terbongkar bila Jessica Iskandar mempunyai masalah dengan Ayu Ting Ting. Jessica sempat merasa sakit hati karena Ayu tidak mau memposting baju yang diendorse-nya. Kini, Jessica dan Ayu sudah mencoba memperbaiki hubungan mereka. Selain dengan Jessica, Ayu kini juga dikatakan 'perang dingin' dengan Nagita Slavina. Seperti diketahui pelantun 'Sambalado' itu digosipkan mempunyai hubungan spesial dengan Raffi Ahmad. Terlihat saat berpapasan di backstage sebuah acara, baik Gigi maupun Ayu tidak saling tegur padahal sebelumnya keduanya cukup akrab.

Belum selesai sampai di situ, Ayu kembali di unfollow oleh partner bisnisnya, Luna Maya. Luna menjelaskan, dirinya kecewa karena Ayu dianggap tidak profesional dalam berbisnis. Diketahui Luna bekerja sama membuat Luna Habit x Ayu.

Selain Ayu, Julia Perez juga dikabarkan ribut dengan Kartika Putri hanya karena mantan suaminya, Gaston Castanyo memuji Kartika melalui media sosial. Meski Kartika mengaku sudah memberikan penjelasan dan membantah kenal dengan Gaston, Jupe tetap menyebut Kartika Miss Drama Queen. Selain dengan Kartika, Jupe juga bermasalah dengan Nikita Mirzani. Jupe tiba-tiba melabrak Nikita melalui media sosial dan menuding Nikita memukul asistennya yang bernama Lucky. Kini, masalah ini berakhir dengan aksi saling lapor. Nikita melaporkan Jupe ke Polda Metro Jaya dengan dugaan pencemaran nama baik pada 29 Oktober. Sedangkan Jupe yang tak kunjung mendapatkan maaf, melaporkan balik Nikita ke Polda Metro Jaya pada 14 Desember lalu.

Diketahui, Nikita dan Jupe dulu cukup dekat. Keduanya pun sama-sama satu suara bermasalah dengan Dewi Persik. Tidak dengan sekarang, di bulan Desember ini, Jupe dan Depe justru berdamai. Pertama kalinya pedangdut yang sempat terlibat aksi cakar-cakaran itu, kembali sepanggung dan berkolaborasi.

5. Kabar Duka

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Hanif Hawari/detikHOT

Pada 11 Januari, dunia hiburan dibuka dengan kabar duka meninggalnya komedian Budi Anduk karena kanker paru-paru. Disusul dengan kabar meninggalnya musisi jazz Ireng Maulana pada tanggal 6 Maret. Sang maestro berusia 71 tahun itu wafat karena penyakit jantung. Dibulan April tepatnya tanggal 12, aktor Agus Leo menghembuskan napas terakhirnya.

Memasuki pertengahan tahun, lagi-lagi Indonesia harus kehilangan satu musisi. Deddy Dores meninggal pada tanggal 17 Mei. Diakhir bulan Mei tepatnya tanggal 26, artis muda Irene Justine dinyatakan meninggal karena serangan jantung, setela sebelumya tiba-tiba pingsan ketika mengisi sebuah kuis.

Pada buan Juli, komedian Hendrik Ceper meninggal dunia pada tanggal 3 karena jantung. Secara mengejutkan, tersiar kabar penyanyi Mike Mohede meninggal dunia karena serangan jantung. Penyanyi bertubuh besar itu ditemukan tidak bernyawa saat tidur siang dikediamannya. Tidak sampai disitu penyanyi Eddy Silitonga juga meninggal pada tanggal 25 Agustus karena peyakit jantung dan January Christy yang meninggal pada tanggal 16 September.

Diakhir tahun kabar duka menyelimuti dunia pesinetronan, 20 September, salah satu artis 'Tukang Bubur Naik Haji' Shinta Muin, meninggal dunia. Ada juga duka yang menyelimuti keluarga artis, ada Tukul Arwana yang harus menerima kepergian sang istri, Susi, yang meninggal karena asma pada tanggal 23 Agustus, anak ketiga Komeng bernama Caca yang masih berusia 10 tahun meninggal pada 27 Agustus.

6. Perceraian

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Palevi S/detikHOT

Kabar perceraian selebriti hampir tidak pernah absen setiap tahunnya. Memasuki awal tahun pasangan Samuel Rizal dan Stevianne diputus cerai pada 2 Februari. Hal senasib juga diterima oleh pasangan Piyu dan Flo. Pasangan yang santer dikabarkan bercerai karena orang ketiga ini, resmi bercerai pada 15 Februari. Namun, untuk rumah tangga Cathy Sharon dan Eka Kusuma statusnya masih menggantung. Setelah gugattan cerainya ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Eka tetap kekeuh menceraikan Cathy dan mengajukan banding.

Tidak terdengar kabar pernikahannya, Ovi 'Duo Serigala' tiba saja sudah mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Agama Cibinong. Akhirnya hakim mengabulkan gugatannya pada 25 Mei 2016. Selain Ovi, tidak ada kabar apapun, diam-diam pernikahan Sandhy Sandoro dan Ade Sechan sudah diputus cerai pada 29 Februari di Pengadilan Agama Depok. Yang cukup menarik perhatian adalah perceraian Massayu Anastasya dan Lembu (17 Maret) serta pernikahan seumur jagung Stuart Collin dan Risty Tagor (24 Maret).

Memasuki bulan Mei, guatan cerai Julia Perez terhadap Gaston Castano menimbulkan banyak pertanyaan. Pasangan ini selalu gembar-gembor akan menikah, tapi Jupe justru menggugat cerai Gaston di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 10 Maret. Akhirnya hakim mengabulkan gugatan Jupe pada 12 Mei. Diam-diam Lulu Tobing juga menggugat sang suami yang juga cucu dari almarhum Mantan Presiden RI, Soeharto, Danny Rukmana di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Entah apa yang terjadi Lulu justru tidak pernah datang hingga hakim memutuskan untuk membatalkan perceraian tersebut. Sheila Marcia juga masuk dalam jajaran artis yang megajukan gugatan cerai di bulan Mei.

Menikah diam-diam dengan Warren di Bali pada 23 Agustus 2014, Marissa Nasution nyatanya juga mengakui bahwa pernikahannya itu sudah selesai pada bulan Juni. Kemudian ada juga kisah pernikahan Sahrul Gunawan dengan Indriani Hadi. Pasangan yang sudah dikaruniai 3 orang anak itu divonis cerai pada 2 Juni.

Pernikahan Angel Karamoy dan Steven Rumangkang memang selalu diterpa berita miring. Mulai dari foto mesra Angel dengan Pasha 'Ungu' hingga kabar pernikahan Angel dengan seorang produser. Tanpa banyak pemberitaan, pasangan ini mengaku sudah menjalani proses cerai sejak tahun 2015 dan kini sudah resmi bercerai. Tidak berbeda jauh dengan Angel, Eddies Adelia ternyata sudah divonis cerai pada bulan Agustus. Perceraian Melanie Subono dengan I Gusti Ngurah Agus (27 Oktober), Dian Pelangi (September), Dea Mirella dengan Roy Hasby (4 November) dan pernikahan Shinta Bachir yang megakui rumah tangganya sudah kandas menjadi penutup di penghujung tahun 2016.

7. Skandal, Sensasi dan Perjuangan Artis Melawan Penyakit

Kaleidoskop Selebriti dan Dunia Hiburan Indonesia 2016 (1)Foto: Ismail/detikHOT

Tahun 2016 juga banyak para artis yang terseret dalam pemberitaan kurang mengenakan. Ada juga beberapa yang tengah berjuang melawan penyakit. Tentu masih ingat dengan candaan Zaskia Gotik soal simbol sila ke-5 yang disebutnya 'bebek nungging'. Candaanya itu membawa sang biduan untuk berurusan dengan Polisi dan mendapat banyak hujatan.

Kehidupan Marshanda juga cukup banyak dilirik pada tahun ini. Sekitar bulan Maret, ayah kandung Chacha, Irwan diamankan oleh Dinas Sosial karena mengemis. Sebagai anak, Chacha pun datang dan mengurusi sang ayah yang sudah hidup terpisah dengannya. Sekitar pertengahan September, riba-tiba saja Egi John 'mengamuk' di Instagram karena diputuskan Chacha.

Lika-liku kehidupan Celine Evangelista juga menjadi buah bibir yang banyak dibicarakan. Mulai dari pemberitaan pernah menikah dengan sesama jenis, pertengkaran dengan ibu kandungnya, hingga kisah cintanya dengan Stefan William membuat nama Celine cukup bersinar ditahun 2016. Selain itu, kasus Gatot Brajamusti yang berawal dari penggerebekan narkoba justru merembet kebanyak masalah. Akhirnya terkuak kisah kelam padepokan Gatot Brajamusti, seperti ritual seks, konsumsi aspat atau sabu, ajaran yang menyimpang yang berasal dari pengakuan Elma Theana dan Reza.

Pertengahan tahun 2016, beredar kabar soal kedekatan spesial Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting yang sampai sekarang juga belum tahu kejelasannya. Termasuk juga ulah Nikita Mirzani yang disebut mengganggu rumah tangga Nafa Urbach dan Zack Lee yang terkuak karena adanya video mesra Zack dan Nikita. Ada pula Tukul Arwana yang dikabarkan sudah menikah siri dengan pedangdut Meggie Diaz.

Sampai menjelang tahun 2017 kisruh antara Ario Kiswinar dengan sang ayah, Mario Teguh belum juga selesai dan berdamai. iswinar tetap kekeuh menyeret Mario ke meja hijau karena dianggap sudah membuat fitnah tentang status dirinya.

Beralih dari skandal para artis, tahun ini, Ria Irawan, Aldi Taher, Oon 'Project Pop' dan Julia Perez sedang berjuang melawan penyakitnya. Secara mengejutkan, Aldi divonis menderita kanker kelenjar getah bening. Adapun Ria yang menderita kanker getah bening, mengakui bahwa penyakitnya itu kini sudah menjalar ke bagian lain. Sedangkan Jupe, mengaku kanker serviks yang dideritanya sudah memasuki stadium 4.
(pus/dal)
0 0 0
KOMENTAR