DetikHot

spotlight

Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual Ngeteh

Selasa, 06 Feb 2018 15:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual Ngeteh Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual Ngeteh Foto: Ruby Silvious/Instagram
Jakarta - Seniman Ruby Silvious yang menciptakan karya seni dari bahan kantong teh bekas bukan tanpa sebab. Dia sudah mulai menggunakan material daur ulang di studionya yang berada di New Yok, mulai tahun 2013.

"Saya suka membuat karya seni dengan menggunakan barang-barang yang dibuang seperti kerang, bagian dalam cangkang telur, dan kantong teh bekas," ujarnya dilansir dari berbagagai sumber, Selasa (6/2/2018).



Setelah beragam percobaan gagal dengan kantong teh, dia sempat menggunakan material lainnya. Di tahun 2015, Silvious baru konsisten menggunakan kantong teh.

Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual <i>Ngeteh</i>Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual Ngeteh Foto: Ruby Silvious/Instagram


"Tadinya ide material kantong teh bermula dari kebiasaannya mengonsumsi teh setiap pagi dan sore hari. Saya awalnya mengumpulkan kantong teh dari rumah saya sendiri lalu keluarga dan kerabat terdekat mulai menyumbangkan," katanya lagi.

Dari noda berwarna hitam-putih yang ada di kantong teh bekas, dia mulai menggambar apa saja. "Sumber inspirasi saya tidak berhenti, terus mengalir," ujar Silvious.

Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual <i>Ngeteh</i>Inspirasi Karya Seni Kantong Teh Bekas Berasal dari Ritual Ngeteh Foto: Ruby Silvious/Instagram


Menurutnya bahan kantong teh itu tipis dan mudah keropos, hal tersebut yang membuatnya tertantang untuk menciptakan karya seni.

"Dibutuhkan latihan, banyak kontrol terhadap bahan yang dipilih sampai terbiasa. Sebenarnya kantong teh bekas cukup tahan lama, dibandingkan yang baru," pungkasnya.



(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed