DetikHot

spotlight

Cerita Hana Madness Wakili Indonesia di Festival Unlimited London

Selasa, 14 Nov 2017 16:56 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Cerita Hana Madness Wakili Indonesia di Festival Unlimited London Cerita Hana Madness Wakili Indonesia di Festival Unlimited London Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Tahun lalu Hana Madness mewakili Indonesia di ajang Festival Unlimited, London, Inggris. Dia menyambangi negara tersebut atas undangan dari British Council dan berangkat bersama pelaku seni disabilitas lainnya.

Festival Unlimited merupakan ruang bagi mereka yang menyandang kebutuhan khusus. Proyek jangka panjang bersama British Council itu membuat namanya kian dikenal.

"Tahun 2016 itu gue berangkat delegasi ke London untuk festival seni dan disabilitas. Setelahnya berlangsung cetak karya di totebag, tumblr, notes, dan terakhir pameran UK/ID Festival di SCBD," kata Hana ketika ditemui detikHOT di Gedung Cipta Niaga, Jakarta Barat, belum lama ini.



Pengalaman mewakili Indonesia dan bertemu dengan seniman-seniman lainnya membuat Hana belajar banyak hal.

"Disabilitas bukan hanya persoalan seseorang cacat juga ya. Tapi orang yang survive dengan kondisi kejiwaannya juga. Sampai sekarang gue sudah berdamai dengan kondisi gue dengan cara menerima keadaan dan tidak menyalahkan orang lain," katanya lagi.

Cerita Hana Madness Wakili Indonesia di Festival Unlimited LondonCerita Hana Madness Wakili Indonesia di Festival Unlimited London Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Ketika kondisinya sedang depresi, Hana mengaku menerima kenyataan dan membiarkan tubuhnya menerima. "Sekarang sudah berkurang. Dulu parah banget, sampe keluarga berantakan ya susah. Sampe parah banget sih dulu."



Karya doodle yang digambar Hana pun digemari pecinta seni. Tertarik melihat karya Hana, intip di Instagram https://www.instagram.com/hanamadness/.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed