Spotlight

Kesempatan 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri' Bersinar di Oscar

Devy Octafiani - detikHot  ·   Kamis, 25 Jan 2018 11:51 WIB
Foto: (imdb) Foto: (imdb)
Jakarta - Sejak perolehan kemenangan penghargaan di ajang Golden Globe juga SAG Awards, 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri' diyakini tak akan terlewatkan juga untuk Academy Awards atau Oscar.

Dan hal itu benar terjadi saat pengumuman nominasi dibacakan awal pekan ini. Komedi gelap arahan Martin McDonagh ini tercatat dalam tujuh nominasi, membuatnya sebagai film kedua yang mendominasi ajang penghargaan paling bergengsi itu setelah 'The Shape of Water'.

Salah satu nominasi menempatkan 'Three Billboards' dalam nominasi tertinggi yakni Best Picture tahun ini. Dari beberapa ajang sebelumnya, dua bintangnya, Sam Rockwell dan Frances McDormand diganjar piala atas penampilannya dalam film tersebut.

Kesempatan 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri' Bersinar di OscarFoto: (Getty Images)



Lantas, bagaimana kesempatan bagi filmnya sendiri?

'Three Billboards' dianggap sebagai salah satu pesaing tangguh di ajang Oscar tahun ini. Komedi gelap yang filmnya dan naskahnya ditulis sang sutradara, Martin McDonagh itu membawa kisah depresi yang dialami seorang ibu yang berduka atas kematian sang putri.

Plot itu dikembangkan McDonagh ke beberapa hal lain. Rasisme, kekerasan, hingga pelecehan yang di Hollywood menjadi isu sensitif belakangan.

Namun serangkaian prediksi menyebut meski menjadi pesaing tangguh, jalan 'Three Billboards' tak lantas akan mudah memperoleh gelar Best Picture. Kesempatan itu terhitung sulit dari gelaran Oscar yang dihelat sepanjang abad 21 ini.

Terlebih, film ini tak berhasil menempatkan Martin McDonagh ada dalam deretan nominasi Best Director. Terutama sebelumnya 'The Shape of Water' sudah lebih unggul terlebih dulu lewat perolehan piala yang diberikan langsung untuk Guillermo del Toro, sang sutradara di Golden Globe.

Akan tetapi, McDonagh sendiri tak menilai hal itu sebagai sebuah hambatan filmnya akan melempem di ajang Oscar tahun ini. Ia menyebut pencapaian 'Three Billboards' di ajang ini sudah membuatnya tersentak.

"Mengetahui Frances McDormand, Sam Rockwell, dan Woody Harrelson masuk dalam nominasi sudah membuatku begitu terberkati. Mereka mengejutkanku di ajang ini," ujar McDonagh saat diwawancara LA Times.

Tapi, ajang Oscar memang selalu penuh dengan kejutan. Tak sedikit kemenangan yang diumumkan tak sesuai prediksi.

Salah satunya, ketika 2016 lalu Oscar memenangkan 'Spotlight' ketimbang drama mata-mata 'Bridge of Spies' atau aksi bertahan diri Leonardo DiCaprio dalam 'The Revenant'.

Skandal pelecehan yang dilakukan oknum gereja Katolik itu dinilai lebih unggul ketimbang jatuh bangun Leonardo DiCaprio di belantara salju dan serangan beruang dalam drama survival garapan Alejandro Innaritu.


(doc/nu2)

Back to Top