DetikHot

new-release

'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri

Jumat, 04 Jan 2019 18:45 WIB  ·   Candra Aditya - detikHOT
Bird Box: Bertahan untuk Tak Bunuh Diri 'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri Foto: (imdb.)
Jakarta - Tak ada yang menyangka bahwa 'Bird Box', sebuah film survival yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan disutradarai oleh Susanne Bier, ternyata menjadi sebuah hits yang tak terduga bagi Netflix. Sejak dirilis pada 21 Desember yang lalu, film ini banyak dibicarakan oleh para penontonnya.

Para pengguna sosial media bahkan 'merayakan' keberadaan film ini dengan mengunggah begitu banyak meme. Seminggu setelah perilisannya, Netflix menyatakan bahwa 'Bird Box' adalah film original Netflix dengan penonton tujuh hari terbanyak dengan total 45 juta penonton. Pertanyaannya adalah apakah 'Bird Box' memberikan kesan yang begitu mendalam sehingga penonton benar-benar menyukainya?

'Bird Box' dibuka dengan Malorie (Sandra Bullock) berbicara kepada dua bocah kecil, Boy (Julian Edwards) dan Girl (Vivien Lyra Blair). Kata-katanya tegas. Apapun yang terjadi jangan buka penutup mata mereka. Malorie mengulangi kata-kata ini berkali-kali. Apapun yang terjadi, jangan buka penutup mata mereka. Kedua anak kecil ini kemudian mengangguk. Dari ekspresi mereka, penonton tahu bahwa apa yang dimaksudkan Malorie memang penting.

Kemudian Malorie membawa keduanya ke danau dan mereka bertiga pun naik ke atas perahu dan pergi dengan mata tertutup? Apa yang sebenarnya terjadi? Mundur beberapa tahun sebelumnya, kita menyaksikan Malorie dan saudarinya, Jess (Sarah Paulson), check-up di rumah sakit. Di sana Malorie menyaksikan ada seorang perempuan yang membenturkan kepalanya ke kaca. Menyakiti dirinya sendiri.

'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri Foto: Istimewa


Ternyata berita yang mereka tonton sebelumnya, tentang tren bunuh diri di Eropa, telah sampai di Amerika. Dalam perjalanan pulang Jess menyaksikan sesuatu dan dia memutuskan untuk bunuh diri. Dunia kacau. Semua orang mencoba untuk menyelamatkan diri dari sesuatu yang tidak bisa mereka deskripsikan. Malorie kemudian berhasil diselamatkan seorang ibu-ibu dan masuk ke dalam sebuah rumah bersama beberapa orang lainnya.

Televisi menyala. Mereka tahu bahwa dunia porak poranda. Mereka tidak bisa keluar dari rumah karena jika mereka melihat sesuatu, mereka akan bunuh diri.

Sangat mudah mengatakan bahwa 'Bird Box' adalah 'A Quiet Place' hanya saja dengan indera yang diganti. Jika resep bertahan hidup 'A Quiet Place' adalah tidak membuat suara sedikit pun, 'Bird Box' menggantinya dengan tidak melihat apa-apa. Kesamaan nomor dua mungkin adalah tema parenthood. Baik 'A Quiet Place' dan 'Bird Box' sama-sama menceritakan karakter orang tua yang bertahan hidup dengan anaknya.

Tapi persamaan kedua film tersebut hanya di situ saja. 'A Quiet Place' mempunyai rasa optimis yang sangat tinggi. Separah-parahnya situasi yang terjadi, keluarga adalah nomor satu. Walaupun ada luka yang masih belum bisa disembuhkan, hubungan antar keluarga adalah segala-galanya. Itulah yang menyebabkan 'A Quiet Place' begitu menggetarkan.

'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri Foto: (imdb.)


'Bird Box' sebaliknya. Karakter yang diperankan Sandra Bullock sama sekali berbeda dengan karakter yang diperankan oleh John Krasinski. Karakter yang diperankan John Krasinski benar-benar take charge. Sebagai kepala keluarga, ia sangat sayang dengan kedua anaknya dan ia menunjukkan itu. Hubungannya dengan karakter yang diperankan Emily Blunt juga sangat hangat.

Sementara itu dalam 'Bird Box', karakter Malorie tidak pernah menjadi pengambil keputusan. Dalam geng survivalnya, apa yang ia lakukan cukup dihargai tapi ia bukan pemimpin. Secara emosional, Malorie cukup detach dengan semua orang. Termasuk dengan dua anak kecil yang ia urus nantinya. Hubungannya dengan Tom (Trevante Rhodes) cukup hangat tapi ia tidak percaya kepadanya 100%.

Tonton video: Hati-hati! Netflix Ingatkan Bahaya Bird Box Challenge

[Gambas:Video 20detik]



Sutradara Susanne Bier tidak pernah sekali pun menunjukkan sesuatu yang membuat semua orang ketakutan di film ini. Hal ini memberikan sisi positif dan negatif pada saat yang bersamaan. Sisi positifnya adalah penonton bisa membayangkan hal terburuk yang bisa mereka bayangkan berdasarkan respons para karakter yang ada di dalam filmnya. Sisi negatifnya adalah kita tidak bisa yakin betul bahwa karakter-karakter film ini sebegitu ketakutannya karena penonton kurang diyakinkan dengan situasi yang ada.

'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri'Bird Box': Bertahan untuk Tak Bunuh Diri Foto: (imdb.)


Diadaptasi oleh Eric Heisserer dari novel Josh Malerman, 'Bird Box' dipenuhi dengan karakter-karakter yang warna-warni. Sayangnya plot yang diurai oleh Heisserer tidak pernah mencapai potensi premisnya yang brilian. Ditambah lagi dengan ending yang agak hambar. Untungnya Susanne Bier mempersembahkan 'Bird Box' dengan mood yang cukup intense. Dari awal sampai akhir film Bier tidak pernah berhenti untuk membuat jantung penonton berdegup kencang.

Beberapa sekuens Bier ukir dengan sempurna. Seperti perjalanan Malorie dan teman-temannya ke supermarket. 'Bird Box' tidak akan menjadi sebuah tontonan yang menyenangkan tanpa permainan asyik pemain-pemainnya. Trevante Rhodes menunjukkan bahwa aksinya di 'Moonlight' bukan kebetulan. Kita bisa menyaksikan kelembutannya di sini. Danielle Macdonald cukup mencuri perhatian dengan waktu yang singkat.

Lil Rel Howery memberikan humor yang dibutuhkan di situasi yang menegangkan. Sarah Paulson seharusnya tampil lebih lama. Tom Hollander adalah monster yang menakutkan. Dan karakter Douglas memang diciptakan untuk John Malkovich.

Tapi tentu saja 'Bird Box' adalah milik Sandra Bullock. Dengan telaten, ia sanggup menunjukkan bagaimana rasanya bertahan hidup dengan mata tertutup. Rasa paniknya, ketakutannya, kesedihannya semuanya tergambar dengan cukup apik. Sandra Bullock menunjukkan bahwa kemampuan aktingnya lebih dari cukup untuk membuat 'Bird Box' menjadi sebuah film survival yang menegangkan. 'Bird Box' dapat disaksikan secara eksklusif di Netflix.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat.


(ken/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed