Eksklusif! Billkin Cerita di Balik Layar Single IXO hingga Once & Forever

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 19:44 WIB
Billkin
(Foto: dok. Instagram @nadaobangkok) IXO dan Once & Forever jadi sajian Billkin buat penggemar. Kepada detikcom, Billkin menceritakan proses kreatif dua lagu tersebut buat fans Indonesia.
Jakarta -

Lewat serial I Told Sunset About You, Billkin menyanyikan sederet melodi melankolis yang menggambarkan nuansa dari serialnya hingga perasaan Teh, sang karakter utama yang diperankannya. Di luar soundtrack serial produksi Nadao ini, Billkin juga punya sederet single yang catchy: IXO dan Once & Forever.

"IXO adalah lagu tentang perasaan, ketika kamu menyukai seseorang dan nggak mau orang itu terlalu dekat dan punya hubungan personal dengan orang lain selain kamu," kata Billkin dalam wawancara eksklusif dengan detikcom.

Single IXO diproduseri oleh Bell Supol, dengan melodi serta aransemen dari Bee Sothinan, dan Ping Jiravat menjabat sebagai penulis lirik dari lagunya. Uniknya, meski lagu IXO bukan bagian dari soundtrack serial I Told Sunset About You, namun tema dari lirik lagunya sangat cocok dengan yang dirasakan oleh Teh pada Oh-aew dalam serial tersebut.

I Told Sunset About You menceritakan tentang perjalanan Teh menuju kedewasaan secara emosi dan juga perasaan. Nggak jarang dalam perjalanan tersebut, Teh juga mengalami perasaan-perasaan seperti yang dideskripsikan Billkin soal lagu IXO.

"Lagu ini menggambarkan perasaan cemburu yang teramat sangat meski kamu nggak ada hubungan apa-apa dengan orang itu," lanjutnya.

IXO punya musik yang terdengar grande di genre soul pop. Sebuah genre yang menurut Billkin baru pertama kali dijajalnya ketika merekam lagu ini. Lagu ini menampilkan banyak instrumen seperti terompet dan biola yang membuatnya terdengar sangat grande.

Billkin mengaku sangat menikmati segala proses di balik penciptaan hingga rekaman IXO. Terlebih hubungannya dengan produser, arranger, hingga penulis liriknya terbilang dekat sehingga lagu ini terasa seperti diciptakan khusus untuknya. Demi membuat lagu ini lebih terasa personal, Billkin sampai membuka cerita-cerita pribadinya pada sang produser.

"Musik ini sangat baru buatku dan sesuatu yang belum pernah aku coba lakukan sebelumnya. Orang-orang di balik lagu ini adalah sosok penting di balik keterlibatanku dalam proses kreatif lagunya. Kami mendiskusikan ide bersama, aku ceritakan ke mereka pengalaman pribadiku, lalu mereka akan mengambil satu atau dua hal dari ceritaku itu dan jadi bahan untuk membuat lagu ini. Jadi kita bisa bilang ada 'aku' dalam semua aspek di lagu ini," lanjutnya.

Demi untuk membuat lagunya terdengar mewah, proses rekaman semua instrumen dilakukan secara terpisah. Billkin juga menyebut proses rekamannya sangat menyenangkan. Hal yang tidak kalah seru juga adalah proses syuting video klip IXO yang menampilkan kisah seorang cowok, diperankan oleh Billkin, yang sedang mencari cinta namun selalu bertepuk sebelah tangan.

[Gambas:Youtube]

Single terbaru yang dirilis Billkin berjudul Once & Forever. Lagu ini masih ada di genre soul-pop seperti IXO namun dengan bunyi yang cukup berbeda. Once & Forever terdengar lebih familier di telinga mereka yang sudah lebih dahulu jatuh cinta pada Billkin lewat soundtrack serial I Told Sunset About You dan sekuelnya I Promised You The Moon.

Billkin terdengar romantis dan melankolis saat menjelaskan lagu ini kepada detikcom.

BillkinIXO dan Once & Forever jadi sajian Billkin buat penggemar. Kepada detikcom, Billkin menceritakan proses kreatif dua lagu tersebut buat fans Indonesia. Foto: dok. Instagram @nadaobangkok

"Ini lagu yang sangat romantis tentang pentingnya sebuah kenangan. Sesuatu yang biasanya terasa kecil dalam hidup atau sesuatu yang sudah biasa terjadi sehari-hari, tapi ketika kita melihat ke belakang, hal-hal kecil itu ternyata jauh lebih berharga dari yang kita bayangkan. Ini lagu tentang sesuatu yang mungkin hanya akan terjadi sekali dalam hidupmu, dan kamu nggak akan bisa kembali lagi ke momen itu," ujar Billkin.

Once & Forever merupakan proyek Billkin bersama sebuah brand ponsel kenamaan. Lewat lagu ini dia berkolaborasi dengan Po Posayanukul yang disebut Billkin sebagai sang ahli di industri musik Thailand. Melodi dari lagu ini dikerjakan oleh Pew, salah satu personel dari grup TELEx TELExs.

"Bekerja sama dengan Pew memberi banyak sekali pengalaman buatku dalam proses pengerjaan lagu ini!" tandasnya.

[Gambas:Youtube]

Kamu bisa mendengarkan IXO dan Once & Forever di semua platform streaming.

Selain soal single terbarunya, Billkin juga buka-bukaan kepada detikcom soal awal kariernya di industri hiburan dan tentunya proyek I Told Sunset About You yang melambungkan namanya. Nantikan artikel wawancara eksklusif Billkin di detikhot! Baca artikel tentang Billkin sebelumnya dengan klik di sini.

(aay/dar)