Iwan Fals Bongkar Kolaborator dalam Album di Video Klip 16/01

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 01 Agu 2021 17:32 WIB
Iwan Fals saat perayaan ultah ke-59 tahun dan 45 tahun berkarya
Iwan Fals Bongkar Kolaborator dalam Album di Video Klip 16/01 (Foto: Iwan Fals/ Khas Studio)
Jakarta -

Iwan Fals merilis single berjudul 16/01 pekan ini. Dalam lagu itu, dirinya berkolaborasi dengan solois asal Bali, Sandrayati Fay.

Tidak hanya merilis single-nya begitu saja, Iwan Fals sekaligus merilis video klip dari 16/01. Video klip tersebut disebut oleh sutradara Upie Guava.

Proses pengambilan gambar antara Iwan Fals dan Sandrayati Fay dilakukan secara jarak jauh dari tempat masing-masing. Musisi kelahiran 3 September 1961 itu menjalani syuting dari kediamannya.

16/01 merupakan lagu yang menjadi jembatan menuju album baru Iwan Fals. Tidak hanya Sandrayati Fay, dalam albumnya, pria bernama Virgiawan Listanto itu bakal mengajak serta sejumlah musisi muda sebagai kolaborator.

A&R Manager Musica Studios, Arlan Djoewarsa, mengungkapkan Iwan Fals membocorkan siapa saja kolaborator itu dalam video klipnya.

"Seru banget, kita bekerja sama dengan Upie Guava. Om Iwan sepertinya menikmati sekali prosesnya. Di sela-sela syuting, saya melihat energinya Om Iwan luar biasa sekali. Berusaha memaksimalkan dalam kondisi pandemi, kita syutingnya di rumah Om Iwan, dengan team yang terbatas, dengan prokes yang ketat," ujar Arsan.

"Dengan kolaborator juga syuting di rumah masing-masing. Nanti kolaborator-kolaborator yang ada di album kita masukan di situ," sambung Arsan.

Video klip dari 16/01 tayang hari ini, Minggu, 1 Agustus 2021 pukul 16.01 WIB.

16/01 dipilih Iwan Fals sebagai judul karena menandakan dimulai dan diakhirinya penulisan lagu tersebut. Lagu itu mulai ditulis pada 16 November 2020 dan selesai di 1 Juni 2021.

Dalam penggarapan lagunya, Iwan Fals juga dibantu oleh Annisa Cikal Rambu, yang merupakan anak kandungnya, dan Lafa Pratomo sebagai produser.

Album baru Iwan Fals rencananya akan rilis pada September 2021.

(srs/dar)