Wawancara Eksklusif

Angsa & Serigala Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Lewat 1000

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 04 Okt 2020 17:02 WIB
Angsa & Serigala
Foto: Angsa & Serigala
Jakarta -

2020 menjadi tahun yang terbilang produktif bagi Angsa & Serigala. Setelah mengeluarkan 7 Hari dan Gelap Pekat, mereka merilis single baru dengan judul 1000.

Lagu tersebut digarap dan direkam oleh band beranggotakan Hendra Araji (vokal, gitar), Meyga Sukmana (vokal, synthesizer), Esa Prakasa (gitar), Vicky Hediana (bass), dan Viddy Hediana (drum) di masa pandemi COVID-19 pada bulan April hingga Mei 2020.

1000 merupakan lagu yang mengajak pendengar mereka untuk tetap berpikir positif dan bergerak maju meski ada banyak halangan. Uniknya, lagu itu justru datang dari perasaan bingung yang mereka rasakan di awal masuknya pandemi ke Indonesia.

"Sebenarnya kalau ngomongin pandemi ini, apapun itu, pasti sulit mau ngapa-ngapain juga sulit dan kalau saya pribadi balik lagi ke pengalaman pribadi juga dan Angsa & Serigala juga, kita sudah bermusik bertahun-tahun, pasti banyak hal yang membuat kami berpikir lagi, bakal sampe mana nih kami berkarya?" ungkap Araji dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Perasaan gelisah dan ketidakyakinan itu kemudian Araji coba cerita pada teman-teman satu bandnya. Akhirnya, bersama dengan Esa, dirinya pun mencoba menuliskan apa yang ia rasakan melalui lagu hingga terciptalah 1000.

"Ngobrol sama anak-anak, boleh juga apa yang kami rasain, kami angkat jadi satu karya, sekaligus kami coba saja bergerak terus," tutur Araji.

Menurut Esa, meski idenya mengalir, namun proses penggarapan lagu 1000 diwarnai sejumlah kendala. Tantangan itu bukan terletak pada proses kreatif, melainkan karena kondisi saat itu.

"Lumayan (sulit) karena yang biasanya kami bisa workshop bareng-bareng, itu nggak bisa dilakuin. Kamu harus ngikutin protokol (kesehatan) waktu rekaman juga, jadi nggak bisa banyak-banyak orang juga," cerita Esa.

"Jadi apa yang biasanya kami lakuin, nggak bisa kami lakuin, jadinya gitu," sambung dia lagi.

Meski mengalami sejumlah kendala ketika produksi, pada akhirnya lagu 1000 rampung digarap oleh Angsa & Serigala sebagai single terbaru mereka di tahun ini.

Selain berlima, ketika menggarap lagunya, mereka juga dibantu oleh Canggar Krisnatry sebagai produser, Marvel Sumbayak sebagai pengisi kibor dan Crystal Yoana sebagai desainer artwork.



Simak Video "Wawancara Eksklusif! 'JOURNEY' Henry Lau Bareng detikcom"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)