detikHot

music

Iwan Fals Ungkap Peran Wanita & Cinta di Balik Kesuksesannya

Selasa, 12 Mei 2020 12:33 WIB Yudistira Imandiar - detikHot
Iwan Fals - Mola Tv Foto: dok Mola TV
Jakarta -

Di balik lelaki hebat, ada wanita tangguh yang mendampinginya. Ungkapan tersebut berlaku dalam kehidupan dan karir maestro musik Indonesia, Iwan Fals.

Baginya, wanita merupakan figur penting dalam kehidupan. Kesuksesannya sampai saat ini didapatkan dari dukungan para wanita, mulai dari ibu, istri, hingga anak perempuannya.

Pelantun lagu "Bento" itu bercerita, sosok ibu memberikannya keberanian untuk tampil menyanyi sejak kecil. Proses yang kelak membawanya menjadi figur yang dipuja-puja sebagai musisi kenamaan Tanah Air.

Pun halnya dengan peran istri, Rosanna yang telah menjadi bagian hidup Iwan selama hampir 40 tahun. Mbak Yos, panggilan akrab Rosanna memberikan begitu banyak dorongan untuk Iwan dalam berkarya. Iwan bersyukur dianugerahi sosok pendamping yang sabar dan penuh pengertian.

"Nggak mungkin saya tanpa perempuan dan gak enak juga tanpa perempuan, gimana coba," kata Iwan dalam perbincangan dengan Sophia Latjuba dalam program Dinner With Sophia di Mola TV.

Iwan punya sudut pandang tersendiri mengenai cinta. Baginya cinta merupakan sumber kebaikan, dan cinta harus memberikan kebaikan.

"Cinta kan gak melulu soal cinta, di dalamnya itu ada kesadaran, ada kesabaran, komitmen, dan sebagainya," lanjut Iwan.

Sebagai bentuk ungkapan cinta kepada istri, Iwan mendedikasikan sebuah album berisi lagu-lagu tentang ungkapan perasaannya. Setelah berkiprah empat dekade di belantika musik, Iwan merasa perlu membuat persembahan khusus bagi belahan jiwa yang mendampinginya selama ini.

"Saya juga sering bikin lagu dari tokoh Bung Hatta, Bung Karno, Bento, kenapa Yos nggak saya buatkan lagu. Walaupun banyak lagu dari dia juga inspirasinya, mengenai hubungan antar manusia. Kenapa ya Bung Hatta, Bung Karno saya juga kenal nggak terlalu kenal, kenapa kok orang yang setiap hari tidur sama saya, hampir 40 tahun nggak pernah saya bikin lagu secara khusus. Itu sekitar empat atau tiga tahun lalu," jelas Iwan.

Perbincangan Iwan dengan Sophia, tentang cinta, keluarga, dan pembahasan lainnya dapat disaksikan lengkap di program Dinner With Sophia yang tayang di Mola TV. Dalam program ini, Sophia menggali banyak perspektif kehidupan dari bintang tamu.

Tayangan Dinner With Sophia dan acara lain di Mola TV bisa disaksikan dalam paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan cara berdonasi mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta. Melalui program Corona Care, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.


(ega/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com