detikHot

music

Nicki Minaj Digantikan Janet Jackson Tampil di Arab Saudi

Kamis, 18 Jul 2019 10:49 WIB Dicky Ardian - detikHot
Janet Jackson Foto: Francois Nel/Getty Images Janet Jackson Foto: Francois Nel/Getty Images
Jakarta - Jeddah World Fest di Arab Saudi telah membatalkan Nicki Minaj sebagai headliner-nya. Kini, posisi sang rapper seksi itu digantikan oleh sejumlah nama, salah satunya Janet Jackson.

Di situs resmi Jeddah World Fest, ada sejumlah nama yang dicantumkan. Selain Janet Jackson, ada juga Chris Brown, 50 Cent, Future dan Tyga.

Para musisi tersebut juga mendapat protes dari Human Rights Foundation. Lembaga pembela hak asasi manusia itu menyerukan kepada calon penampil agar membatalkan rencana mereka manggung di Arab Saudi.

Pasalnya, Human Rights Foundation menilai negara itu begitu diskriminatif dan memiliki pemisahan beradasarkan gender di tempat publik.



Namun, hingga saat ini, tidak ada respons dari para musisi tersebut. Oleh karena itu, Human Rights Foundation menilai para musisi terlalu matre.

"Sangat menyedihkan bahwa mereka telah memilih uang daripada moral," ujar Thor Halborssen, Presiden Human Rights Foundation kepada Associated Press.

"Para individu ini secara konsisten membuat pernyataan publik atas dukungan mereka terhadap hak LGBT dan wanita, kecuali, tampaknya, ketika cek berisi tujuh digit disodorkan," lanjutnya.

Nicki MinajNicki Minaj Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images for MTV
Sebelumnya, Nicki Minaj memilih untuk membatalkan aksinya di Arab Saudi. Selain karena kecaman dari berbagai pihak untuk tidak manggung di Jeddah World Fest, ia juga memilih untuk mendukung LGBT.

"Setelah perenungan yang hati-hati, saya memutuskan untuk tidak lagi bergerak maju dengan jadwal konser saya di Jeddah World Fest," katanya.

Belakangan, Arab Saudi memang sedang membesarkan industri hiburan berkat Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Perubahan dan pelonggaran norma juga dilakukan di negara tersebut.

Kini, wanita boleh mengemudikan kendaraan dan datang ke arena olahraga. Selain itu, Arab Saudi juga sudah punya bioskop.


Simak Video "Nicki Minaj Pamit, Pensiun dari Dunia Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com