detikHot

music

Bila Musisi Berserikat, Aspek Ini Harus Dipenuhi

Senin, 24 Jun 2019 21:18 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Pergolakan yang berangkat dari ketidaksetujuan terhadap RUU Permusikan menjadi momen yang membuat sejumlah pihak yang berkepentingan menaruh perhatian lebih terhadap industri musik.

Ada banyak ide bermunculan selepas RUU Permusikan dicabut dari Prolegnas Prioritas 2019. Mulai dari diadakannya Musyawarah Nasional membahas musik, hingga dibuatnya serikat musisi.

Glenn Fredly sepakat, apabila musisi ingin berserikat, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dan dipenuhi.



"Menurut saya, tadi kan sudah disinggung oleh mas Wendi (Wendi Putranto), banyak aspek, misalnya advokasi, legal, bisnis, kemudian nantinya akan berhubungan dengan policy-nya yang akan menaungi industri musik nantinya," kata Glenn Fredly ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2019).

Bagi Glenn Fredly, pentingnya musisi berserikat adalah untuk menjadi tempat bernaung bagi para pekerja di industri musik apabila terjadi permasalahan.

"Artinya punya satu rumah yang akhirnya bisa di situ jadi naungan dan acuan bagaimana bicara tentang industri musik kita," tuturnya.

Namun, Glenn berpendapat, adanya serikat musisi bukanlah satu-satunya hal penting yang harus dipikirkan selepas RUU Permusikan dicabut dari Prolegnas.

Baginya, yang paling penting adalah bagaimana menjaga semangat dan kepedulian para pemangku kepentingan untuk bersama-sama membenahi industri musik.

" Artinya yang kita butuhkan sekarang adalah duduk bersama untuk bisa menggerakkan semangat yang tadinya penolakan RUU Permusikan (menjadi) kepada pembenahan tata kelola industri musik Indonesia," ujarnya.
(srs/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed