detikHot

music

Djakarta Warehouse Project dari Masa ke Masa

Kamis, 04 Okt 2018 13:50 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Keseruan Djakarta Warehouse Project. Foto: Asep Syaifullah Keseruan Djakarta Warehouse Project. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Tahun ini, Djakarta Warehouse Project (DWP) akan menginjak tahun ke-10. dengan tajuk DWPX, festival musik tersebut pindah ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park dan akan berlangsung pada 7 hingga 9 Desember 2018.

Rupanya festival musik dance yang kini menjadi salah satu yang paling besar di Asia Tenggara tersebut mempunya cerita yang cukup panjang.

DWP berawal dari acara Blowfish Warehouse Project pada 2008. Acara tersebut awalnya hanya diadakan di sebuah klab malam. Dalam debutnya, pengisi acara yang tampil antara lain David Morales, Matt Daret, Cash Money, dan lain-lain.

Absen pada 2009, rave party tersebut kembali dengan format baru di tahun setelahnya.

Keseruan Djakarta Warehouse Project.Keseruan Djakarta Warehouse Project. Foto: Asep Syaifullah


2010 merupakan acara pertama yang berlangsung dengan nama Djakarta Warehouse Project. Gelaran tersebut berlangsung di Pantai Karnaval Ancol pada 24 April 2010.

Pada tahun selanjutnya, DWP 2011 kembali pindah tempat ke Tennis Indoor dan Outdoor Senayan. Acara yang berlangsung pada 9 Desember 2018 itu mendatangkan Bob Sinclair, Roger Sanchez, Cosmic Gate, dan lain-lain. Sejak saat itu, DWP memiliki waktu yang ajeg yakni setiap Desember.

Sebagai festival musik, nama DWP semakin diperhitungkan sejak 2012. Saat itu, Ismaya Live mendatangkan Porter Robinson, Late Night Alumni, Avicii, hingga Calvin Harris. DWP 2012 berlangsung di Istora Senayan pada 7 Desember 2012.

Pindah dari Jakarta Selatan, DWP kembali ke Jakarta Utara. Di tahun selanjutnya, DWP berlangsung di Eco Park Ancol pada 13 Desember 2013. Pengisi acara yang tampil antara lain Alesso, David Guetta, Breakbot, Flight Facilities, hingga Zedd.

Keseruan Djakarta Warehouse Project. Keseruan Djakarta Warehouse Project. Foto: Asep Syaifullah


Di 2014, untuk pertama kalinya Djakarta Warehouse Project berlangsung selama 2 hari. Dengan Martin Garrix hingga Skrillex sebagai pengisi acaranya, DWP berlangsung di JIExpo Kemayoran pada 12 dan 13 Desember 2014.

Sejak saat itu, penyelenggaraan DWP selalu diadakan di JIExpo Kemayoran. Di 2015, DWP mendatangkan Kaskade, Major Lazer, hingag Armin Van Buuren dan diadakan pada 11 dan 12 Desember 2015.

Alan Walker, Tokomonsta, Snakeships, Martin Garrix, dan lain-lain memeriahkan DWP yang terselanggara pada tahun berikutnya, tepatnya pada 9 dan 10 Desember 2016.

Demo ormas terhadap Djakarta Warehouse Proejct. Demo ormas terhadap Djakarta Warehouse Proejct. Foto: Indra Komara/detikcom


Pada 2017, nama DWP semakin besar. Akan tetapi sejumlah kontroversi juga menderanya. Meski sempat didemo, namun Steve Aoki, Tiesto. hingga artis 88rising, sebut saja Rich Brian, Joji, dan kawan-kawannya tetap tampil dengan aman pada 15 dan 16 Desember 2018.

Tahun ini, DWPX memastikan The Weeknd, Mura Masa, Armin Van Buuren, dan lain-lain akan tampil di Bali. Mungkinkah acara tersebut mengulang kesuksesan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya?
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com