DetikHot

music

'Straight Outta Compton' dan Kisah Perjalanan Karier N.W.A

Kamis, 07 Des 2017 13:02 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Straight Outta Compton dan Kisah Perjalanan Karier N.W.A Foto: Straight Outta Compton
Jakarta - Di Compton, Los Angeles, Amerika Serikat pada era 1980-an muncul dan tumbuh sebuah kolektif gangsta hiphop bernama N.W.A atau Niggaz Wit Attitude.

Keberadaan grup hiphop inilah yang kemudian mengilhami film berjudul 'Straight Outta Compton'. Film garapan sutradara F. Gary Gray itu merupakan film biopik mengenai grup musik tersebut.

Dalam filmnya, Ice Cube diperankan oleh O'Shea Jackson Jr., Dr. Dre oleh Corey Hawkins, dan Eazy-E oleh Jason Mitchell. Dalam film muncul pula tokoh DJ Yella (diperankan Neil Brown Jr.), MC Ren (diperankan Aldis Hodge), dan lain-lain.

Dr. Dre Dr. Dre Foto: GettyImages
Film yang rilis pada 2015 itu tidak hanya memeroleh omset sebesar 200 juta USD, tapi juga masuk ke dalam nominasi ajang Academy Awards 2016 untuk kategori Best Original Screenplay.

Sebenarnya apa yang menarik dari film 'Straight Outta Compton' ini? Film ini berfokus pada perjalanan karier lengkap dengan jatuh bangunnya grup N.W.A pada masanya.

N.W.A. dikenal sebagai salah satu dedengkot hiphop yang membawa hiphop menjadi bisa dinikmati banyak orang. Grup musik itu bahkan disebut-sebut sebagai salah satu yang paling berpengaruh pada perkembangan musik hiphop era kini.

Selain karena menjadi pelopor dan memperoleh ketenaran yang signifikan, N.W.A. juga menjadi grup yang kontroversial karena lirik-liriknya.

Mengutip The Guardian, pemilik Podcast '/Filmcast', Devindra Hardawar, berpendata suksesnya 'Staright Outta Compton' bisa disebabkan karena film ini mengangkat kehidupan mengenai musisi hiphop yang notabene merupakan orang dengan kulit berwarna.

Mereka yang biasanya dianggap minoritas dan terpinggirkan jarang sekali kisahnya diangkat ke layar lebar.

"Hollywood seringkali tidak menyadari keberadaan dan potensi mereka. Mereka adalah penonton yang tidak terpenuhi kebutuhannya sejak lama," ujarnya.

Setelah 'Straight Outta Compton' muncul lah film-film biopik lainnya yang menyoroti tentang musisi hiphop. Salah satunya adalah 'All Eyez on Me' (2017) yang bercerita tentang Tupac Shakur.

Dari sumber yang sama, salah satu penulis cerita 'Straight Outta Compton', S. Leigh Savidge berpendapat tentang hal tersebut, "Ini menarik, sebuah perubahan permainan yang penting."
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed