detikHot

music

Keren! Jay-Z Jadi Miliarder Hip Hop Pertama di Dunia

Selasa, 04 Jun 2019 10:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Ethan Miller/Getty Images Foto: Ethan Miller/Getty Images
Jakarta - Superstar Jay-Z menorehkan prestasi tahun ini. Musisi hip hop sekaligus pengusaha yang bernama lengkap Shawn Carter itu resmi menyandang status sebagai miliarder.

Forbes mengumumkan Jay-Z sebagai miliarder pertama di dunia. Dilansir dari CNN, Selasa (4/6/2019), suami Beyonce Knowles dikenal sebagai seorang trensetter dalam fashion, maestro musik streaming sampai pemilik perusahaan manajemen olahraga.

"Selama satu dekade, Jay-Z telah mengumpulkan kekayaan yang berjudul 1 miliar dollar AS. Kekayaannya menjadikan salah satu dari segelintir musisi yang menjadi miliarder-bahkan ia adalah musisi hip hop pertama yang melakukannya," tulis editor Forbes, Zack O'Malley, dikutip detikHOT, Selasa (4/6/2019).



Jay-Z tumbuh di proyek perumahan Brooklyn dan mulai terkenal lewat album debutnya 'Reasonable Doubt' di tahun 1996. Album keenamnya 'The Blueprint' ditambahkan ke dalam Perpustakaan Rekaman Nasional dan direncanakan sebagai album yang secara budaya dan historis penting.

Di bidang bisnis ia meluncurkan label pakaian bernama Rocawear di tahun 1999. Di 2007, label pakaiannya tersebut dijual kepada perusahaan pakaian Iconix senilai 204 juta dollar AS.

Tak berhenti sampai di situ saja, Jay-Z juga meluncurkan perusahaan hiburan Roc Nation yang nilainya mencapai 75 juta dollar AS. Ia juga diketahui sebagai kolektor benda seni yang harganya mencapai 70 juta dollar AS.

Jay-Z juga merupakan salah satu pemegang saham Uber dengan nilai 70 juta dollar AS. Bisnis lainnya juga ada di perusahaan minuman beralkohol Armand de Brignac yang bernilai 310 juta dollar AS.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com