detikHot

music

5 Fakta Unik Tentang Backstreet Boys yang Bakal Sapa Fans Tanah Air

Senin, 03 Jun 2019 13:12 WIB Akfa Nasrulhak - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah berkarir selama 26 tahun, Backstreet Boys akan menyapa penggemarnya di Tanah Air pada 23 Oktober mendatang. Tur dunia bertajuk 'DNA World Tour' ini digelar untuk mempromosikan album ke-10 mereka 'DNA' yang debut pada Januari 2019. Selain itu, konser ini juga menjadi obat rindu bagi para penggemar setia di seluruh dunia.

Pada masa kejayaannya, boyband asal Amerika Serikat yang tenar di era 90-an dan awal 2000 ini menjadi fenomena budaya pop. Mereka sukses mengumpulkan berbagai penghargaan musik dan mencatatkan diri sebagai musisi terlaris sepanjang masa.


Bagi yang mengaku fans Backstreet Boys, kira-kira sejauh mana Anda benar-benar mengenal mereka? Yuk, cek 5 fakta seputar boyband yang akan konser di JIExpo Kemayoran, 26 Oktober mendatang, berikut ini:

Terinspirasi dari pasar loak

Grup ini memilih menggunakan nama Backstreet Boys yang terinspirasi dari pasar loak Backstreet Market di Orlando, Florida. Kala itu, Backstreet Market jadi tempat nongkrong hit anak-anak muda Orlando.

Selain nama, awal mula terbentuknya boyband ini juga unik. Backstreet Boys awalnya hanya beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, dan A.J. McLean. Kemudian, Kevin Richardson ikut bergabung setelah dikenalkan rekan kerja.

Namun, sang manajer sekaligus produser Lou Pearlman ingin menambah satu anggota lagi untuk melengkapi line up. Pada akhirnya, Kevin memperkenalkan sepupunya bernama Brian Littrell. Ia pun lolos setelah ikut audisi via telepon.

Backstreet Boys resmi debut pada 1993. Kevin yang berusia 22 tahun menjadi personel tertua di Backstreet Boys. Sementara Nick Carter jadi satu-satunya personel paling muda, yakni 13 tahun.

Backstreet Boys bukan band pertama Kevin Richardson

Saat masih tinggal di Kentucky, Kevin pernah bergabung dalam band bernama Paradise. Mereka pun sering manggung di acara pernikahan dan restoran dengan meng-cover lagu-lagu band ternama termasuk Bobbi Brown, Journey, dan lainnya.


Menariknya, bakat musik Kevin lahir secara alami. Ia tak pernah menempuh pendidikan formal untuk musik. Saat usia 9 tahun, Kevin belajar bermain piano secara otodidak dengan cara mendengarkan musiknya saja. Selain itu, ia pun aktif di paduan suara gereja dan ikut teater di SMA.

Penjualan album terbesar sepanjang masa

Backstreet Boys sukses mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai boyband paling sukses di dunia. Album ketiga yang bertajuk 'Millennium' berhasil memecahkan rekor penjualan album tertinggi sepanjang masa. Album yang dirilis pada 1999 ini meroket dan laris terjual sebanyak 30 juta kopi di seluruh dunia.
'Millenium' pun sukses merajai tangga lagu di US Billboard 200, meraih penghargaan Artist of The Year di Billboard Award, dan masuk nominasi Grammy Award. Bahkan, sejumlah single hit dari album tersebut seperti 'I Want It That Way', 'Show Me the Meaning of Being Lonely', dan 'Larger Than Life' masih populer sampai sekarang.

Bukan itu saja, Backstreet Boys juga menjadi musisi pertama sepanjang sejarah dengan dua album yang menembus penjualan lebih dari satu juta keping dalam satu minggu perilisannya. 'Millenium' sukses terjual hingga 1,2 juta kopi, sementara 'Black & Blue' yang dirilis pada 2000 terjual hingga 1,6 juta kopi pada minggu pertama dan meraih sertifikat platinium. Pencapaian ini membuat Backstreet Boys berhasil mengalahkan popularitas N-SYNC.

Stan Lee buat komik Backstreet Boys

Kepopuleran Backstreet Boys pada masa kejayaannya memang luar biasa. Bahkan, Stan Lee-otak di balik komik superhero Marvel-tertarik untuk membuat komik dan web series Backstreet Boys pada 2000. Tak ketinggalan, Nick Carter pun ikut bagian dalam pembuatan komik tersebut sebagai co-creator.

Judul komiknya adalah The Backstreet Project yang mengisahkan tentang identitas superhero masing-masing personel Backstreet Boys. Komik edisi khusus ini hanya dijual pada rangkaian konser Backstreet Boys.

Tetap bersama dalam waktu lama

Nama besar Backstreet Boys tak lepas dari konflik antar personel yang memicu keretakan. Backstreet Boys pernah vakum selama dua tahun pada 2003. Kondisi ini ternyata dipicu oleh rencana solo Nick Carter. Bukan cuma itu, rupanya keputusan Nick juga menyebabkan perselisihan besar dengan Brian Littrell yang menyebabkan putus kontak komunikasi sementara waktu.


Usai vakum, Backstreet Boys kembali bersama dengan merilis album 'Never Gone' pada 2005. Namun, masalah baru justru datang kembali menerpa boyband legendaris ini setelah Kevin Richardson memutuskan hengkang dari Backstreet Boys pada 2006. Ia mundur untuk mencapai keinginannya yang tak bisa terealisasi saat bersama grup.

Meski hanya beranggotakan empat personel, Backstreet Boys tidak bubar dan memutuskan untuk lanjut bermusik. Mereka pun merilis album 'Unbreakable' pada 2006 dan 'This Is Us' pada 2009. Pada akhirnya, Kevin kembali bergabung pada April 2012. Formasi tersebut pun tetap bertahan sampai sekarang.

5 Fakta Unik Tentang Backstreet Boys yang Bakal Sapa Fans Tanah AirFoto: Istimewa

Itulah 5 fakta seputar Backstreet Boys yang perlu Anda ketahui sebelum menonton konsernya. Bagi fans setia Backstreet Boys yang belum memiliki tiket konsernya, Anda masih bisa mendapatkannya di Traveloka Xperience. Jangan sampai kehabisan, ya! Yuk Pesan tiketnya di sini.
(ega/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com