DetikHot

music

KH Ahmad Buchori Masruri dan Perubahan Lirik Bom di 'Perdamaian'

Kamis, 17 Mei 2018 15:24 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
KH Ahmad Buchori Masruri dan Perubahan Lirik Bom di Perdamaian Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Kepergian KH Ahmad Buchori Masruri menyisakan duka mendalam dan karya yang tak lekang. 'Perdamaian' merupakan salah satu lagu yang masih relevan hingga saat ini.

Meski lagunya begitu populer, tapi tak banyak yang tahu siapa pencipta lagu 'Perdamaian'. Ia adalah Ahmad Buchori Masruri yang hari ini, Kamis (17/5/2018), tutup usia.

Jauh sebelum lagunya populer, ia memang sudah rutin menyumbang lagu untuk grup kasidah Nasida Ria. Hingga akhirnya ia menulis 'Perdamaian' yang begitu fenomenal.

'Perdamaian' juga tidak berdiri sendiri. Bersama sebelas lagu lainnya, single itu dirilis pada 1982 yang kemudian dirilis ulang pada 1991.


'Perdamaian' adalah lagu yang sukses membawa Nasida Ria berada di puncak kesuksesan. Hingga saat ini, lagu itu bahkan menjadi yang terlaris.

Yang menarik, jalan lagu itu ke tujuan sebenarnya menciptakan perdamaian tidak mudah. Ada proses pembenahan, terutama di sektor liriknya.

Yang awalanya, "Bom atom kau ledakkan// Semua jadi berantakan," kini berubah menjadi, "Tapi peluru kau ledakkan// Semua jadi berantakan." Kini, lirik tersebut juga jarang digunakan.

Peluang untuk bisa sukses dengan 'Perdamaian' juga disambut GIGI. Band yang domotori Armand Maulana itu merilis ulang 'Perdamaian' dengan versi band.


Pada 2005, bersama album 'Raihlah Kemenangan' GIGI mengenalkan 'Perdamaian' yang mereka bawakan. Single itu juga sukses menanamkan image band dengan lagu religi kepada GIGI.

KH Ahmad Buchori Masruri meninggal dunia di usia 77 tahun tadi pagi, Jumat (17/5/2018) di RSI Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah.
(dar/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed