DetikHot

music

Mengantar Kepergian MP3

Jumat, 19 Mei 2017 12:04 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Mengantar Kepergian MP3 Selamat Tinggal, MP3 Foto: detikcom
Jakarta - Mengucapkan selamat tinggal kepada MP3 rasanya belum cukup. Format musik digital itu sepertinya lebih pantas kita antarkan kepergiannya.

Seperti yang telah diketahui, The Fraunhofer Institute, lembaga yang melahirkan MP3, memutuskan untuk tidak lagi meneruskan lisensinya. Mereka beranggapan bahwa format itu sudah tidak lagi relevan saat ini.

Banyak yang kecewa, tapi banyak juga yang menyambut baik langkah tersebut. Sebab mereka menilai MP3 adalah gerbang untuk pembajakan musik.

Baca juga: Selamat Tinggal, MP3!

Dengan menggunakan MP3, penikmat musik bisa dengan mudah memindahkan lagu dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Tidak hanya dipindahkan, tapi juga dilipatgandakan.

Sebagai ganti dari kepergian MP3, nantinya akan ada AAC atau Advanced Audio Coding. Format ini dianggap memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan MP3.

Akan tetapi, bagaimana pun MP3 memiliki andil yang sangat besar untuk dunia musik, terlebih di Indonesia. Kepergiannya tentu memiliki dampak yang cukup besar.

Oleh karena itu, detikHOT mencoba untuk membahasnya seharian ini. Mulai dari tanggapan para musisi hingga pengamat musik mengenai hilangnya MP3 serta jawaban atas pertanyaan apa sih bedanya MP3 dengan AAC?

Penasaran? Maka, simak semua ulasannya di detikHOT!
(dar/tia)
mp3

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed