DetikHot

music

Demi Berantas Pembajakan, ASIRI Gandeng Pabrik Bajakan

Kamis, 10 Mar 2016 11:30 WIB  ·   Fakhmi Kurniawan - detikHOT
Demi Berantas Pembajakan, ASIRI Gandeng Pabrik Bajakan Foto: detikFOTO
Jakarta - Pembajakan sepertinya sudah benar-benar membuat industri musik frustrasi. Beberapa tindakan 'esktrem' pun dilakukan demi menghancurkan dinasti pembajakan di Indonesia.

Hal itullah yang sepertinya dilakukan oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Mereka berani mengambil keputusan untuk menggaet pabrik-pabrik yang dulunya memproduksi CD bajakan.

Mungkin terdengar aneh atau bahkan 'gila', tapi kenyataannya ASIRI sudah melakukan hal tersebut sejak 3 Februari lalu. Sebuah keputusan yang sepertinya akan mengundang kontroversi di industri musik Indonesia.

"Untuk menanggulangi pembajakan fisik kita akhirnya bekerja sama dengan pabrikan di mana perusahaan itu mempunyai mesin-mesin pengganda CD," ucap General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), Ventha Lesmana kepada detikHOT belum lama ini.

Baca Juga: Macklemore & Ryan Lewis dan Mark Ronson Dipastikan Tampil di WTF 2016

"Jadi kita ketahui informasi di Jakarta itu ada sembilan perusahaan pengganda CD baik itu ilegal atau lega. Ada lima pabrikan yang akhirnya kerja sama bareng kita," sambungnya.

Ventha tak menutupi track record dari lima perusahaan tersebut. Ia mengaku bahwa beberapa perusahaan tersebut memang pabrik dari CD-CD ilegal.

"Kita kerja sama memang dulunya mereka biasa bekerja secara ilegal," jelasnya.

Tak berhenti di situ, beberapa kebijakan ASIRI mengenai hal ini pun sedikit banyak mengundang perhatian. Seperti format VCD karaoke superekonomis ala ASIRI.

Seperti apa? Simak terus detikHOT hari ini!


(fk/mmu)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed