DetikHot

music

Bens Leo: Pembajakan Itu Seperti Jeruk Makan Jeruk

Selasa, 12 Ags 2014 19:13 WIB  ·   - detikHOT
Bens Leo: Pembajakan Itu Seperti Jeruk Makan Jeruk
Jakarta - Masalah yang mendera perusahaan rekaman Nagaswara dan Inul Vizta ikut menyeret pengamat musik senior Bens Leo. Bagi Bens Leo, masalah ini tidak hanya tentang perusahaan rekaman atau pemerintah, tapi juga sesama musisi.

"Ini seperti jeruk makan jeruk. Para Musisi memakan hak-hak teman-temannya sendiri," ujarnya tegas saat ditemui di Kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/8/2014).

Menurut pria bernama asli Benny Hadi Utomo itu, maraknya pelanggaran atau pembajakan hak cipta juga dipicu oleh menurunya penjulan karya musik dalam bentuk fisik.

"Ini terjeadi karen tren karya musik fisik sedang menurun. Dan, semua artis yang dikenal produktif dan populer sudah punya rumah karaoke sendiri, lihat saja ada Inul (Daratista), Rossa, Charly (Van Houten), Ahmad Dhani," sambungnya lagi.

Bahkan menurut Bens, hal seperti ini juga terjadi di kalangan musik indie atau 'side-stream'.

"Sebagian dari mereka lagunya ngetop di YouTube, atau situs musik lainnya. Nah tiba-tiba sudah ada di rumah karaoke. Bedanya, mereka tidak tahu mau mengadu ke mana," jelas pengamat musik kelahiran Pasuruan, Jawa Timur itu.

"Kalau mau disahkan secara hukum, harganya mahal sekali. Sekitar Rp 200,000. Itu aneh, bahkan pihak kementerian pun tidak bisa menjawab dari mana angka itu datang. Bagaimana kalau ada musisi jalanan yang ingin mematenkan karyanya, ada lima lagu? Kenapa nggak cuma Rp 6,000 saja, seharga materai," tutup Bens Leo emosional.


(hap/mmu)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed