DetikHot

music

Endank Soekamti, Band dengan Inovasi Tiada Henti

Rabu, 13 Feb 2013 11:11 WIB  ·   - detikHOT
Endank Soekamti, Band dengan Inovasi Tiada Henti Endank Soekamti (Agung/detikhot)
Jakarta - Jarang nongol di TV, jarang diputar lagunya di radio tak membuat Endank Soekamti kehabisan akal. Tiga pemuda yang membentuk Endank Soekamti di Yogyakarta ini tak pernah berhenti berinovasi.

Persaingan lagu makin ketat di radio, apalagi jika bukan lagu baru pasti agak susah jika minta diputar. Karena itulah Endank Soekamti memiliki radio streaming. Mereka memutar lagu-lagunya, ditambah daftar panjang lagu-lagu ngetop lainnya. Tak hanya itu mereka juga memberi kesempatan pada siapapun yang tak terkenal sekalipun untuk memutar lagunya di radio tersebut.

Semua orang dari penjuru dunia bisa mendengarkan, bisa meminta dan berinteraksi langsung dengan penyiarnya lewat internet. Itu salah satu cara mereka untuk bertahan, tetap eksis dan membuka peluang besar bagi musisi lain.

Endank Soekamti juga tak mendapatkan porsi yang besar untuk tampil di TV. Tapi mereka tak kehabisan akal, mereka membuat acara sendiri. Erix, Dory dan Ari mendokumentasikan seluruh kegiatan keseharian mereka ketika rekaman album terbarunya, album kelima bertajuk \\\'Angka 8\\\'.

Setiap hari, mereka mengunggah video baru tentang kegiatan rekaman mereka hari itu. Mereka lalu mengunggahnya lewat situs berbagi video YouTube. Ternyata penonton mereka cukup banyak. Dalam sebulan ada sekitar 300 ribu penonton mereka. Endank Soekamti pun makin semangat menggarap albumnya.

Nah, album terbaru Endank Soekamtilah yang akan kita bahas lebih dalam kali ini. Bagaimana mereka berproses mengerjakan album hingga selesai dan diedarkan, bahkan hingga kegiatan mereka sekarang yang sedang sibuk promo.

Album \\\'Angka 8\\\' pun tak dikemas seperti album-album mereka sebelumnya ataupun album band Indonesia lainnya. Endank Soekamti membuat tiga paket khusus untuk tiga kelas lapisan penggemar mereka.

Paket pertama, paket komplit dalam boxset, kedua paket novel biografi dan CD album, ketiga unduh gratis di internet. Nanti kita akan mengupas tiga paket tersebut lebih dalam lagi.

Dimulai dengan pertanyaan sederhana? Mengapa album kelima Endank Soekamti bertajuk \\\'Angka 8\\\'?

\\\"Album ini album persahabatan, simbolnya angka 8 yang tidak pernah terputus. Nyambung terus. Angka 8 dibalik-balik tetap saja sama. Kenapa harus nunggu album ke-8 untuk bikin judul \\\'Angka 8\\\'. Kita nggak punya alasan untuk menunggu,\\\" jelas Erix ketika tim Endank Soekamti singgah ke markas Detik.com di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Saat berkunjung ke Detik.com untuk promo, mereka juga membawa serta tim hore-hore lengkap dengan kamera video lho. Mereka ternyata mendokumentasikan kegiatan promo untuk bisa ditonton para penggemarnya (Kamties). Waduh kreatif!



(dee/mmu)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed