DetikHot

movie

Sukses dengan 4,2 Juta Penonton, 'Pengabdi Setan' Siap Melayar di 42 Negara

Selasa, 20 Feb 2018 09:05 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Sukses dengan 4,2 Juta Penonton, Pengabdi Setan Siap Melayar di 42 Negara Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Film besutan sutradara, Joko Anwar, 'Pengabdi Setan' telah sukses dengan 4,2 juta penonton di Indonesia. Sukses di negeri sendiri, rupanya film ini siap melayar di 42 negara di dunia.

"Setelah tahun lalu mendapatkan 4,2 juta penonton, kini telah dibeli di 42 negara segera tayang. Minggu depan akan tayang di Thailand, nyusul Taiwan dan Spanyol," ujar Joko Anwar di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018) malam.



"Sebagai seorang sutradara, tentunya kami mau filmnya ditonton orang sebanyak-banyaknya bukan dari Indonesia saja. Ketika tayang di luar negeri, di bioskop itu bukan saja menyenangkan tapi membanggakan. Susah film tayang di luar negeri. Selama ini tanggapannya bagus ya, seperti di Malaysia bisa jadi film Indonesia terlaris di sana, Singapura juga Brunei juga yang saya pantau semua positif," tambahnya.

Di sisi lain di setiap negara ada sebagian yang diberi subtitle dan dubbing. Namun sejauh ini dikatakan Joko adalah negara Thailand yang menggunakan dubbing filmnya.



"Untuk film didistribusikan ke negara lain kepentingan untuk promosi, trailer, dan sebagainya mereka akan bikin sendiri, mereka bisa modifikasi dari yang kita punya dan mereka bikin sendiri. Termasuk keputusan film itu di subtitle atau di dubbing. Thailand kemarin di dubbing. Kalau Spanyol setahu aku di trailernya sih mereka pakai bahasa asli. Sejauh ini yang di dubbing cuma di Thailaind. Karena di Thailand semuanya di dubbing, maksudnya film hollywood juga dubbing di sana," jelas Joko.

Joko juga menuturkan selalu mendapatkan respons positif dari beberapa negara yang sudah memutar 'Pengandi Setan'.

"Alhamdulillah semua negara yang dikunjungi oleh 'Pengabdi Setan' responsnya baik semua. Kayak Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, semua bagus. Kebetulan kita selalu datang ke sana untuk gala premier," pungkas Joko Anwar.


(fbr/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed