DetikHot

movie

Masalah Hak Cipta 'Lord of the Rings' Akhirnya Selesai

Selasa, 04 Jul 2017 18:40 WIB  ·   Ollivia Pratiwi - detikHOT
Masalah Hak Cipta Lord of the Rings Akhirnya Selesai Masalah Hak Cipta 'Lord of the Rings' Akhirnya Selesai Foto: Guardian
Jakarta - Setelah beberapa tahun, gugatan antara Warner Bros dan Tolkien Estate atas hak cipta digital 'Lord of the Rings' dan 'The Hobbit' akhirnya telah diselesaikan.

Diproduksi Warner Bros dan disutradarai oleh Peter Jackson, film 'Lord of the Rings' dan 'The Hobbit' telah sukses besar-besaran. Tak hanya menghasilken sejumlah besar uang, tapi juga mengenalkan cerita fantasi abadi dari Middle-earth.

Namun, muncul masalah di tahun 2012. Tolkien Estate dan penerbit HarperCollins keberatan dengan penggunaan properti yang dilakukan Warner Bros di media digital.



Lebih khusus lagi, lembaga itu menemukan game online resmi 'The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring: Game Slot Online' yang menyinggung warisan dari seri ini.

Tolkien Estate mengajukan gugatan puluhan tahun untuk mengklaim pelanggaran hak cipta ini. Bahwa, Warner Bros hanya diberi wewenang untuk menciptakan barang dagangan "nyata" untuk serial ini.

Namun Warner Bros membalas, dengan mengatakan bahwa Tolkien Estate telah membatasi kemampuan mereka untuk mempromosikan film-film sebelumnya.

Selama bertahun-tahun bertengkar, gugatan tersebut diam-diam telah diselesaikan. Kesepakatan keduanya sampai saat ini tidak diketahui. Namun fakta bahwa game mobile 'Middle-earth: Shadow of War' yang akan dirilis menunjukkan bahwa kedua belah pihak telah memilih solusi untuk berdamai dan terus menciptakan konten digital.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed