DetikHot

movie

Jangan Lewatkan! Festival Film Pendek di Bioskop Hingga 20 Maret

Jumat, 18 Mar 2016 11:26 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Jangan Lewatkan! Festival Film Pendek di Bioskop Hingga 20 Maret Foto: XXI Short Film Festival
Jakarta - Nonton film pendek di bioskop? Sejak digelar pertama kali empat tahun lalu, 21 XXI Short Film Festival telah membuat hal itu menjadi mungkin. Tahun ini, festival tersebut kembali menyapa penggemar film-film pendek.

Dimulai pada Rabu (16/3) kemarin, parade film pendek dari berbagai genre hasil karya sutradara muda dari berbagai kota di Indonesia digelar di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Deretan film-film pendek tersebut di antaranya:

1. Maya
Sinopsis: Maya seorang anak berumur 7 tahun bersama ayahnya, Anthony (35), pindah ke sebuah rumah susun yang merupakan rumah baru mereka. Ketika malam tiba, Maya yang tidur bersama Anthony terbangun karena mendengar suara yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Maya penasaran dan mencoba untuk menghentikan suara tersebut dari mulut Anthony.
Sutradara: Jennifer Aryawinata
Genre : Short Fiction Drama / Comedy
Durasi : 17 Menit

2. Nilep
Sinopsis: Sekumpulan anak sedang berkumpul di pos ronda. Mereka saling berdebat karena salah satu dari mereka mencuri mainan hingga akhirnya situasi berubah menjadi saling menyudutkan anak yang mencuri dan akhirnya mereka saling menyalahkan.
Sutradara : Wahyu Agung Prasetyo images
Genre : Short Fiction Drama / Comedy
Durasi : 9 Menit

3. The Flower and The Bee
Sinopsis: Callie adalah anak perempuan berusia 10 tahun yang penasaran ketika ia melihat dua anak laki-laki berusia 15 tahun di mobil antar jemputnya bercanda dan tidak bisa memikirkannya. Sejak saat itu, ia bersikeras untuk mencari tahu artinya dari orang yang mungkin bisa menjelaskan kepadanya, yaitu orang dewasa.
Sutradara : Monica Vanesa Tedja images
Genre : Short Fiction Drama / Comedy
Durasi : 9 Menit

4. Daftar Hitam
Sinopsis: Putra ditahan dan disekap oleh bos mafia, lalu dipaksa untuk mengeliminasi klien yang mengkhianatinya dalam berbisnis. Namun rencana ini tidak berjalan saat menghadapi lawan terakhir.
Sutradara : Mahaputra Oka images
Genre : Short Fiction Action/Thriller/Fantasy
Durasi : 17 Menit

5. Sandekala
Sinopsis: Seorang ibu dan anaknya yang mengalami peristiwa gaib ketika hendak pulang di kala senja (waktu magrib).
Sutradara : Amriy Ramadhan images
Genre : Short Fiction Action/Thriller/Fantasy
Durasi : 9 Menit

6. Tunai
Sinopsis: Seorang pria yang sedang dirundung masalah mulai menemukan hal-hal aneh di sebuah bilik ATM. Yang berikutnya terjadi adalah konsekuensi dari apa yang dia lakukan.
Sutradara : Myrdal Muda images
Genre : Short Fiction Action/Thriller/Fantasy
Durasi : 10 Menit

7. Nostalgia Senja
Sinopsis: Pak Goyong (Oen Sin Yang) 65 tahun, adalah seorang pelestari alat musik Tehyan yang sudah sangat jarang dimainkan dalam pagelaran musik. Beliau sering bernostalgia tentang prestasinya dalam memainkan tehyan dan kejayaan alat musik Tehyan di masa lalu. Di usia senjanya, ia tetap setia pada usahanya melestarikan tehyan.
Sutradara: Fazhila Anandya
Genre : Short Documentary
Durasi : 24 Menit
Genre : Short Documentary
Durasi : 12 Menit

8. Wasis
Sinopsis: Wasis (78) pencetus Jam Belajar Masyarakat di Jogjakarta berpendapat bahwa reformasi membuat program tersebut mati suri. Tahun 2014, program JBM resmi digulirkan kembali oleh pemerintah, Wasis bersemangat membantu sosialisasi ke kampung-kampung. Sosialisasi yang mengingatkan kembali pada cara-cara yang otoritatif, formal dan simbolis. Ini adalah dialog generasi tentang Orde Baru dan beberapa upaya menghadirkannya lagi.
Sutradara:  Ima Puspita Sari
Genre : Short Documentary
Durasi : 18 Menit


9. Pak Tjipto Sang Desainer Tipografi Vernakuler
Sinopsis: Tipografi vernakuler, dulu merupakan bagian dari keseharian, kini menjadi sesuatu yang unik, klasik. Saat ini desainer grafis jarang mau menjalani proses kerja manual, ternyata masih ada yang bekerja secara manual, salah satunya adalah bapak Tjipto Setiono. Film dokumenter ini bertujuan menciptakan arsip sejarah perkembangan dunia desain grafis di Indonesia.
Sutradara: Andi Haryanto

Penayangan film-film pendek tersebut digelar hingga 20 Maret mendatang, dimulai setiap pukul 15.30 WIB. Film-film yang diputar di ajangXXIShort Film Festival telah melalui seleksi, dan akan diumumkan pemenangnya untuk masing-masing kategori genre pada Minggu (20/3) nanti.

(doc/mmu)
Photo Gallery
1
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed