DetikHot

Jakarta Comic Con 2015

Kenalan dengan 2 Seniman Indonesia di 'Star Wars'

Jumat, 25 Sep 2015 13:04 WIB  ·   M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHOT
Kenalan dengan 2 Seniman Indonesia di Star Wars (dari kiri ke kanan) Seno Haryo, Catharina Ellen Dian (iqbal/detikHOT)
Jakarta -

Penikmat film dunia sudah tentu mengenal 'Star Wars'. Blockbuster sci-fi yang sudah menyentuh juga merasuki para pecinta film, termasuk penonton di Indonesia.

Akan tetapi, mungkin belum semuanya tahu kalau ada dua seniman asli Indonesia yang turun langsung mengerjakan produksi 'Star Wars'. Mereka adalah Seno Haryo dan Catharina Ellen Dian.

Sejak beberapa tahun silam, kedua seniman tersebut membantu 'Star Wars' dalam hal fotografi juga desain animasi. Dalam gelaran 'Jakarta Comic Con 2015', baik Seno maupun Ellen membagi kisah menariknya.

Baca Juga: Kocak! Ini Teaser Trailer Film 'Angry Birds'

"Gue sejak kecil memang koleksi action-figure 'Star Wars' sudah lama. Sering gue foto, terus gue upload di Facebook, Instagram. Tiba-tiba ada satu agensi yang email gue karena tertarik dengan foto gue," cerita Seno di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2015).

"Mereka menawarkan gue untuk foto Star Wars Toys. Wow banget! Langsung gue terima," sambungnya seraya tertawa.

Jika Seno fokus pada Star Wars Toys Photographer, maka Ellen berbeda lagi. Dirinya memilih untuk bergabung dengan Lucasfilm Animation dan mengerjakan animasi bagi serial 'Star Wars' berjudul 'The Colone Wars'.

Simak Juga: 'Star Wars Rebels: The Siege of Lothal' Tayang Perdana 3 Oktober

"Awalnya saya sekolah animasi di IDS (International Design School) tahun 2001 selama satu tahun. Saat itu saya lihat 3D animation sekolahnya masih sangat jarang. Tapi saya berkeyakinan in the future 3D animation akan tren banget," cerita Ellen.

"Setelah IDS, sata langsung masuk ke industri. Tapi dari video game dulu. Saya bekerja untuk game X-Box di Kanada, menerjakan beberapa seri 'Need For Speed'. Sekitar 2008-2009 saya pindah ke film ikut rumah produksi di Singapura," sambung Ellen lagi.

"Sampai ada talent scout yang menghubungi dari Lucasfilm Animation. Mereka bilang butuh tim untuk produksi serial. Saya nggak pakai pikir panjang langsung saya terima," pungkas Ellen.

Bersama Lucasfilm Animation, Ellen menjabat sebagai Associate Production Manager. Ellen menggarap tiga musim 'The Colone Wars', yaitu musim ke-3, ke-4 dan ke-5.

Selain dua orang yang sukses mengharumkan nama Indonesia itu, 'Jakarta Comic Con 2015' masih menyediakan beragam hal seru lain. Kurang lebih 50 booth menghadirkan hal-hal menarik dari pentas perfilman dan serial televisi dunia. Mulai dari 'Paranormal Activity', 'Walking Dead', 'Star Wars', juga hasil karya anak negeri macam 'Si Juki' dan 'Wayang Force'.

Pernak-pernik serta mainan dari berbagai karakter animasi juga tersedia. Bahkan ajang perdana 'Comic Con' ini kedatangan bintang film 'X-Men', Kelly Hu.


(mif/ron)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed