DetikHot

movie

Di Balik Disney Beli Fox dengan Harga Fantastis Rp 1.000 Triliun

Rabu, 20 Mar 2019 10:40 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Di Balik Disney Beli Fox dengan Harga Fantastis Rp 1.000 Triliun Foto: Getty Images
Jakarta -

Studio 21st Century Fox kini resmi diakuisisi Disney. Studio berlambang Mickey Mouse itu mengeluarkan dana untuk mengakuisisi Fox dengan harga fantastis hingga Rp 1.000 triliun.

Itu bukan menjadi angka awal yang Disney tawarkan. Pada 2017 lalu saat kabar akuisisi ini beredar, Disney menawar US$ 52,4 miliar untuk mendapatkan aset-aset yang dimiliki Fox.

Tawaran ini kemudian naik ketika operator saluran televisi kabel Amerika Serikat (AS) Comcast Corp ambil bagian untuk ikut bersaing dengan memberi tawaran guna membeli aset media yang telah 21st Century Fox Inc sepakati untuk dijual kepada Walt Disney senilai US$52 miliar.


Sejak itu, Disney kemudian menaikkan penawarannya dari penawaran yang diajukan Comcast kepada Fox hingga mencapai US$ 71,3 miliar. Angka tersebut terhitung lebih besar sekitar US$ 6 miliar dari yang ditawarkan oleh Comcast.

Video: Capai Babak Akhir, Disney Akuisisi Fox Rp 1 Kuadriliun

[Gambas:Video 20detik]



Dikutip detikfinance, perang penawaran ini membuat studio film 20th Century Fox, FX, saluran National Geographic, belasan jaringan olahraga regional, menjadi hal yang dipertaruhkan.

Sementara Comcast tertarik mengakuisisi Fox lantaran tertarik untuk memiliki 61% saham grup televisi berbayar Eropa, Sky Plc yang belum dimiliki Fox.


Mergernya Fox dengan Disney membawa aset-aset karakter Marvel kembali ke tangan Disney. Mereka di antaranya Fantastic Four juga X-Men.

Hal ini pun telah diungkapkan CEO Disney, Bob Iger lewat pernyataannya secara resmi.

"Menggabungkan kekayaan konten kreatif Disney dan 21st Century Fox terbukti menciptakan perusahaan hiburan global terkemuka. Hal ini membawa arah yang baik untuk memimpin dalam era yang sangat dinamis dan transformatif," ungkap Iger.


(doc/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed