DetikHot

movie

Setelah AFI, Manado Gelar FFI

Sabtu, 11 Nov 2017 07:45 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Setelah AFI, Manado Gelar FFI Foto: FFI 2017 di Manado (Febri/detikHOT)
Manado -

Pagelaran akbar film Nasional, Festival Film Indonesia akan diselenggarakan di kota Manado Sulawesi Utara. Lantas atas dasar apa kota Manado yang terkenal dengan istilah Nyiur Melambai itu dipilih sebagai tuan rumah FFI tahun ini?

"Saya merubah kegiatan utama kita, banting stir tentang pariwisata. Pariwisata ini kan kita tahu, segala sumberdaya mengarah ke pariwisata harus digerakkan salah satunya perfilman. Jadi kita melobi ke pusat menggerakkan AFI," ujar, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey di Rumah Dinasnya, Beringin Wenang, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (10/11/2017) malam.

Lantaran menurutnya menggelar Apresiasi Film Indonesia pada 2016 lalu sudah berhasil digelar di kota Manado, Ia pun langsung berani menggelar FFI. Karena perhelatan tersebut dapat berdampak terutama bagi pariwisata lokal.

Setelah AFI, Manado Gelar FFIFoto: FFI 2017 di Manado (Febri/detikHOT)



"Ternyata waktu kita bikin AFI sukses, pak menteri terkesan sehingga waktu ada penawaran FFI, ya kita siapkan lagi kegiatan ini. Dan memang semua kegiatan yang kita laksanakan sangat berdampak bagi pariwisata di sulut. Dengan ada beberapa hal, studio studio yang ada di luar negeri datang, termasuk dari Korea, dari Perancis juga ada, karena dampaknya memang sangat kelihatan. Orang mulai kenal dengan Sulawesi Utara," bebernya.

Dengan demikian nantinya Olly berharap Sulawesi Utara, dengan para sineasnya dapat pula terkena dampak positif. Seperti terbukanya kerja sama antara Manado Jakarta dalam industri perfilman tanah air.

"Setelah mereka nonton film, mengikuti pemberitaan. Jadi dampaknya memang sangat positif tentunya juga bagi para seniman yang ada di Sulawesi Utara, sehingga banyak generasi muda kita mereka mulai membentuk kerjasama dengan Jakarta ada casting-casting," tutur Olly lagi.

Sementara itu persiapan digelarnya FFI telah dilakukan sejak beberapa bulan belakangan. Panitia menyiapkan berbagai hal termasuk soal piala yang akan diterima para pemenang.

Setelah AFI, Manado Gelar FFIFoto: FFI 2017 di Manado (Febri/detikHOT)



Direncanakan piala FFI akan dilapisi dengan emas.

"Jadi gini, kita pernah mau melapisi emas tapi acara ini kan waktunya selalu dekat sekali, design ini, akrilik ini sulit mendapatkan emas. Jadi memang belum, ujar Leni Lolang selaku Ketua FFI 2017.

Ke depannya, piala FFI dipastikan dirancang sedemikian bagus dan menarik untuk dijadikan simbol pencapaian terbaik bagi para sineas dan pekerja seni di bidang film.

"Tapi sponsor kita menjanjikan setelah ini mau dilapisi semuanya. Setelah diterima oleh pemenang, maka dia akan dilapisi emas. Jadi mau dilihat dulu. Mungkin 22 atau 23 karat," pungkas Leni Lolang.


(fbr/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed