DetikHot

movie

Main di 'Kartini', Denny Sumargo Berubah Jadi Orang Jawa Tulen

Jumat, 15 Jul 2016 06:52 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Main di Kartini, Denny Sumargo Berubah Jadi Orang Jawa Tulen Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta - Bukan orang Jawa atau punya darah Jawa, namun Denny Sumargo ditantang untuk berperan sebagai Raden Mas Slamet di film 'Kartini'. Raden Mas Slamet adalah kakak laki-laki dari Kartini.

"Saya sebagai Raden Mas Slamet. Istilahnya di Jawa yang megang hak warisan Jawa. Karakternya tegas dan keras dan itu sangat mempengaruhi sejarah Kartini sendiri," ujarnya ketika ditemui di syukuran film 'Kartini' di Djakarta Teater, Jakarta Pusat pada Kamis (14/7/2016) malam.

Tentu saja ada sedikit beban yang dirasakan oleh Denny dalam menjalankan perannya tersebut. Namun ia mengaku sudah terbiasa dengan tantangan dan beban.

"Saya terbiasa menghadapi tekanan. Ini tinggi tapi saya ikhlas. Yang saya pikirkan adalah kolektivitas tim film ini. Gimana memberikan yan terbaik. So far so fun," katanya.

Baca juga: Perankan Adik Kartini, Ini Cerita Ayushita Saat Proses Reading

Tantangan yang paling dirasakan pemeran '5 Cm' itu adalah ketika dirinya yang bukan orang Jawa harus bisa berbahasa Jawa. "Jawanya yang halus banget. Ada part yang harus gue ucapin sementara gue nggak tahu artinya itu apa," curhatnya.

Selama beberapa hari ia belajar bahasa Jawa dengan orang Yogyakarta asli. Sehingga mendapat bimbingan tak hanya dari segi pengucapan, tetapi gestur saat berbicara.

"Basic-nya aku nggak ambil acuan sama sekali. Itu latihannya seminggu sama mas Agus Kencreng, orang Yogyakarta. Dia ngebimbing aku banget. Gestur, intonasinya gimana. Segala prosesnya sangat complicated buat orang yang nggak ngerti, tapi semoga akan jadi film yang baik," tandasnya.

'Kartini' baru akan memulai syutingnya bulan ini dengan diarahkan oleh Hanung Bramantyo.


(ron/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed