DetikHot

movie

Film 'Indonesia Kirana' Angkat Kisah Paduan Suara Indonesia Ikut Kompetisi di Eropa

Rabu, 13 Apr 2016 13:54 WIB  ·   Adhie Ichsan - detikHOT
Film Indonesia Kirana Angkat Kisah Paduan Suara Indonesia Ikut Kompetisi di Eropa Foto: PSM Unpad
Jakarta -

'Indonesia Kirana' adalah sebuah film dokumenter paduan suara pertama di Indonesia. Film ini menggambarkan perjuangan generasi muda dalam mengharumkan nama bangsa ,dan memperkenalkan seni dan budaya tradisional Indonesia di Eropa.

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) mengikuti dua agenda tahun lalu, yakni kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria. Kisah persiapan dan perjalanan merekalah yang diangkat dalam film.

"Tim Indonesia Kirana berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Asia dalam kompetisi bergengsi tersebut," demikian keterangan dalam trailer.

Dilansir dari situs Unpad, saat mengikuti kompetisi di Slovenia, 'Indonesia Kirana' bersaing dengan sejumlah paduan suara ternama dunia yang menjadi rival, antara lain; East Carolina University Singer (Amerika Serikat), Maska Youth Choir (Latvia), hingga New Dublin Voices (Irlandia). Tim yang berjumlah 42 orang ini berhasil meraih skor 83,5, namun belum cukup mengantarkan ke tahap Grand Prix untuk menyandang posisi juara.

Setelah kompetisi, tim Indonesia Kirana bertolak ke Hungaria untuk melanjutkan Konser Kebudayaan di Gedung Bartakovics Béla Közösségi Ház, Eger dan di Cultural House, Miskolc. Selain ingin menunjukkan budaya Indonesia ke negara lain, konser ini juga digelar dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hungaria.



Dalam Konser Kebudayaan, tim Indonesia Kirana menampilkan sejumlah lagu daerah Indonesia yang dibawakan secara paduan suara, beberapa di antaranya; Bungong Jeumpa (Aceh), Percoma (Jawa Barat), dan Marencong-rencong(Sulawesi Selatan). Kemudian, paduan suara yang baru saja menyandang The Grand Champion pada kompetisi paduan suara 2nd ITB International Choir Competition (IICC) pada Februari lalu ini juga mempersembahkan beberapa kesenian daerah Nusantara, seperti Tari Saman, Pencak Silat, serta Tari Mojang Priangan.

'Indonesia Kirana' yang diproduksi Embara Films itu akan tayang secara terbatas di Ciwalk Bandung XXI pada 22 April mendatang.


(ich/ich)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed