DetikHot

movie

Sutradara \'Despicable Me\' Ternyata Putra Sastrawan NH Dini

Jumat, 28 Jun 2013 10:34 WIB  ·   - detikHOT
Sutradara \Despicable Me\ Ternyata Putra Sastrawan NH Dini
Jakarta - Mungkin belum banyak yang tahu, sosok sutradara di balik film animasi \\\'Despicable Me\\\' adalah pria keturunan Indonesia. Dia adalah Pierre-Louis Padang Coffin, anak dari novelis terkenal Nurhayati Srihardini Siti Nukatin atau lebih akrab sebagai NH Dini.

Dari berbagai sumber yang dihimpun detikHOT, Coffin lahir pada 1 November 1967 dari pernikahan NH Dini dan seorang diplomat dari Prancis, Yves Coffin. Ketika lahir, Coffin sempat hidup berpindah-pindah mengikuti pekerjaan ayahnya, mulai dari Jepang, Phnom Penh, Prancis, Manila hingga Detroit, AS.

Namun pada 1984, ayah dan ibu Coffin bercerai. Sang ibu memutuskan kembali ke Indonesia, sementara Coffin ikut ayahnya. NH Dini sebelumnya adalah seorang pramugari sebelum kemudian dikenal sebagai penulis cerita pendek dan novel yang cukup produktif. Karyanya yang terkenal dan masih dibaca hingga sekarang antara lain \\\'Pada Sebuah Kapal\\\', \\\'Keberangkatan\\\', \\\'Namaku Hiroko\\\' dan \\\'Tirai Menurun\\\'.

Sedangkan Coffin, sebagai animator memulai karier dengan mengikuti pelatihan di Paris. Ia kemudian bekerja di Amblimation untuk mengerjakan \\\'We\\\'re Back! A Dinosaur\\\'s Story\\\', film yang eksekutif produsernya adalah Steven Spielberg.

Coffin kemudian bekerja sebagai animator lepas di studio CGI Ex Machina di Prancis. Selain terjun langsung sebagai animator, di sana ia juga bertanggung jawab sebagai animator supervisor dan sutradara.

Bersama sutradara Chris Renaoud, Coffin mulai berkolaborasi dengan Passion Pictures Paris dan Mac Guff untuk mengerjakan film animasi CGI \\\'Despicable Me\\\' untuk Universal Pictures. Ia juga mengisi suara minion, karakter berwarna kuning yang lucu dan menggemaskan.

Film itu meledak di box office Amerika Serikat. Dari biaya US$ 69 juta yang dikeluarkan, mereka berhasil meraup pendapatan lebih dari US$ 543 juta.

Bersama Chris Renaoud, Coffin kemudian membuat sekuel \\\'Despicable Me\\\' yang dijadwalkan rilis di bioskop AS pada 3 Juli mendatang.


(ich/mmu)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed