DetikHot

main-stage

'Awal' yang Ambisius dari Radhini

Rabu, 20 Sep 2017 16:02 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Awal yang Ambisius dari Radhini Radhini Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - "Kebetulan aku Aries ya, jadi agak ambisius, agak banyak mau, jadi ya itu dia," tutur Radhini setengah bercanda kepada detikHOT ketika ditanyai mengenai album 'Awal' yang ia rilis Januari 2017 lalu.

Album 'Awal' merupakan album perdana dari Radhini.

Tak salah bila dikatakan album ini merupakan album yang ambisius. Sebab, dari 9 lagu yang masuk di dalamnya, Radhini bekerja sama dengan pencipta lagu dan produser yang berbeda-beda.

[Gambas:Video 20detik]


Ambisi tersebut tak hanya terlihat dari jumlah musisi dan produser yang terlibat di dalamnya, tapi juga dari waktu penggarapan.

'Awal' digarap selama tiga tahun oleh penyanyi yang juga penyiar radio tersebut.

"Aku emang ingin bikin album ini kaya. Aku punya kesukaan, aku ngefans sama musisi-musisi itu, kebetulan temen-temenku juga, aku ajak kerja bareng," ungkapnya dalam sebuah kunjungan ke kantor detikHOT.


Ada sejumlah nama yang diajak Radhini untuk terlibat dalam albumnya tersebut, di antaranya Yovie Widianto, Jevin Julian, Ifa Fachir, Abenk Alter, hingga Matthew Sayers.

Bekerja dengan sejumlah musisi dan produser dengan genre berbeda-beda, Radhini mengatakan ia ingin pendengar lebih luas karena albumnya pun menyuguhkan warna yang beragam.

"Karena ingin bikin yang denger itu nggak monoton, nggak gitu-gitu aja. Apapun preference pendengar ada di album aku," sambungnya.

Terlibat Penuh

Meski sejumlah lagu yang ada di albumnya digarap dengan campur tangan orang lain, Radhini mengatakan ia banyak terlibat dan memegang kendali terhadap albumnya.

"Aku terlibat di semua detail kecilnya, jadi emang dari pre-productionnya kami (ia dan musisi-musisi yang terlibat) bareng, dari segi arasemen sampe lagunya jadi semuanya aku banget," jelasnya.

"Jadi aku nggak ngerasa kesulitan (untuk bekerja sama dengan musisi yang terlibat), karena itu memang yang aku pilih dan kami meramu bersama," katanya lagi.

https://20.detik.com/dhot-music/20170920-170920024/lagu-patah-hati-terindah-radhini-di-hampir-jadi

Bagi Radhini, walau diciptakan orang lain, lagu yang ia nyanyikan haruslah lagu yang juga bisa membuatnya merasa terhubung. Hal itu juga yang membuat album 'Awal' didominasi oleh lagu-lagu cinta.

"Aku tuh kalau nyanyiin lagu harus yang relate sama aku, yang pernah ngalamin atau yang lagi ngalamin, pokoknya yang aku pernah, karena kan kalo misalkan enggak, bingung ya gimana cara menghayatinya. Jadi mungkin yang saat bikin album, yang lagi relate sama aku ya kisah-kisah percintaan," ujarnya.


Bertemakan cinta, namun setiap lagunya mengisahkan kisah cinta yang berbeda-beda. Lalu, adakah benang merah untuk album Radhini ini?

"Karena setiap lagu beda pencipta lagu dan beda produser, jadi musisi yang terlibat di dalemnya itu banyak banget, nah benang merahnya itu adalah suaraku sendiri," jawabnya.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed