#aespa_1stAENNIVERSARY! Pencapaian Luar Biasa aespa dalam Setahun Debut

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 17 Nov 2021 11:57 WIB
aespa
Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Tepat pada 17 November 2021, aespa merayakan ulang tahun grup pertama mereka. Para member pun merilis pesan spesial yang dibagikan di laman Twitter.

Tidak hanya itu, para penggemar pun juga menaikkan #aespa_1stAENNIVERSARY dan tagar lain dalam bentuk bahasa Korea untuk merayakan ulang tahun aespa. Girlband yang berisikan empat member ini memulai debutnya dengan lagu Black Mamba dan hingga kini telah meraih popularitas dan pencapaian yang mengagumkan.

Berikut berbagai pencapaian luar biasa yang diraih aespa selama satu tahun debut. Yuk, simak!

1. MV Black Mamba Tercepat yang Raih 100 Juta Penonton

MV debut Black Mamba pertama kali dirilis pada 17 November 2020 dan dinobatkan menjadi video musik yang berhasil raih 100 juta penonton tercepat. Video tersebut hanya membutuhkan waktu 1 bulan 21 hari 11 jam untuk mencapai prestasi tersebut.

Sebelumnya, rekor ini dipecahkan ITZY dengan Dalla Dalla yang raih 100 juta penonton dalam waktu 1 bulan 28 hari.

2. Menjadi Girlband Tercepat yang Raih 1 Juta Pendengar Bulanan Spotify

aespa berhasil menjadi girlband tercepat yang berhasil meraih satu juta pendengar bulanan di Spotify dalam kurun waktu 10 hari. Grup ini juga berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh ITZY yang membutuhkan waktu 12 hari untuk mencapai rekor tersebut.

3. Raih Penghargaan Rookie of the Year di Seoul Music Awards

Baru beberapa bulan setelah debut, aespa langsung bisa meraih penghargaan sebagai Rookie of the Year di acara Seoul Music Awards. Penghargaan ini tentu saja menjadi pencapaian awal yang sangat bagus bagi aespa.

4. Lagu Forever yang Masuk Chart Billboard World Digital Song Sales

Setelah debut dengan lagu Black Mamba, aespa kembali merilis lagu remake bertajuk Forever yang rilis pada 5 Februari. Lagu ini pun berhasil masuk di chart Billboard World Digital Song Sales untuk pertama kalinya dengan menduduki posisi ke-11. Ini menjadi lagu kedua aespa yang berhasil masuk ke chart tersebut.

5. Tarian Next Level yang Dicover Banyak Orang

Girlband ini kembali merilis single bertajuk Next Level yang merupakan remake lagu berjudul sama dari OST Fast and Furious: Hobbs & Shaw yang dinyanyikan oleh A$ton Wyld. Tarian lagu Next Level yang eye catching ini sangat banyak dicover oleh berbagai kalangan mulai dari penggemar hingga sesama artis Korea.

Saking membuat candu, lagu ini juga dilarang diputar selama ujian masuk perguruan tinggi karena dikhawatirkan para peserta tidak akan fokus dalam mengerjakan ujian.

6. Raih Gelar Half-Million Seller Lewat Album Savage

Akhirnya, aespa mulai merilis mini album pertama mereka bertajuk Savage dengan lagu utama berjudul sama. Pada 20 Oktober, album ini telah terjual sebanyak 513.292 eksemplar.

Pencapaian ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hari setelah dirilis pada 5 Oktober lalu. Prestasi ini menjadikan aespa mendapat gelar Half-Million Seller.

7. aespa Menjadi Grup Generasi 4 Pertama yang Raih Perfect All-Kill

Prestasi luar biasa lainnya adalah lagu Savage yang berhasil meraih Perfect All-Kill (RAK) pada 15 Oktober. Lagu ini berhasil puncaki Real-time daily Melon, FLO, Genie, VIBE, dan Bugs Chart.

Dengan ini, aespa menjadi grup generasi 4 pertama yang berhasil meriah PAK dan grup SM kedua setelah Red Velvet dengan Power Up yang meraih prestasi tersebut.



Simak Video "aespa Makin 'Savage' Saat Hadapi 'Black Mamba' di KWANGYA"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)