Squid Game Made In China, Belum Apa-apa Sudah 'Hilang'

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 15:05 WIB
Squid Game: Enam hal yang diungkap serial Netflix tentang permasalahan nyata di Korea Selatan
(Foto: Netflix) Youku mencoba untuk nebeng popularitas Squid Game dengan berusaha membuat acara dengan konsep mirip.
Jakarta -

Popularitas Squid Game saat ini sudah mendunia. Belum lama ini situs streaming video di Tiongkok, Youku, mengejutkan publik dengan sebuah acara variety show yang dibuat mirip banget dengan Squid Game. Tapi belum apa-apa, acara ini sudah hilang dari peredaran.

Youku merupakan situs streaming video seperti YouTube di Tiongkok. Mereka rupanya tengah mencoba untuk nebeng popularitas Squid Game dengan berusaha membuat acara dengan konsep mirip dengan apa yang ditampilkan dalam serial Netflix tersebut.

Dikutip dari Today Online, sebuah poster dengan desain dan estetik yang mirip dengan Squid Game dirilis Youku berjudul Squid's Victory. Posternya didominasi warna abu-abu misterius dengan efek glitch lalu tulisan judul acaranya dibuat berwarna putih dengan nuansa pink.

Squid Game Made In China, Belum Apa-apa Sudah 'Hilang' Foto: Weibo

Bahkan ada bentuk segitiga, lingkaran, dan persegi di judul acara ini. Buat yang sudah menyaksikan Squid Game atau melihat poster Squid Game pasti tahu bahwa ini merupakan identitas dari drama Korea terpopuler di Netflix itu.

Poster yang diunggah oleh Youku pada 20 Oktober 2021 itu langsung membuat netizen bereaksi. Belum lagi premis dari acaranya dibuat sangat mirip dengan Squid Game: memainkan permainan anak-anak dalam skala besar. Tentu saja Youku tidak menjanjikan kematian dalam acaranya tersebut.

Netflix kemudian bereaksi ketika mendengar rencana Youku tersebut. Lewat sebuah pernyataan mereka menegaskan bahwa drama Korea Squid Game tidak ada hubungannya dengan acara yang sedang digarap Youku. Mengisyaratkan pula bahwa Youku diduga melanggar hak cipta.

"Tidak ada diskusi antara hak cipta Squid Game dengan perusahaan Tiongkok," kata pihak Netflix.

Pihak Youku kemudian akhirnya buka suara setelah poster acaranya ramai diperbincangkan. Mereka menyebut bahwa poster itu hanya kesalahan dan baru sebatas ide.

"Itu adalah poster draft yang digunakan saat seminar," kata mereka.

Meski demikian, acara ini tetap akan diproduksi dengan judul baru Game's Victory. Konsepnya masih tetap sama yakni memainkan permainan anak-anak tapi poster dan nuansa yang ditampilkan mereka kini tidak lagi nyontek Squid Game.

(aay/nu2)