Perjalanan Karier f(x) 12 Tahun di Industri Hiburan Korea

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 19:44 WIB
f(x)
Foto: f(x) (dok. SM Entertainment) Selama 12 tahun di industri hiburan, f(x) berterima kasih kepada para penggemar yang masih setia mendukung mereka hingga kini.
Jakarta -

Girlband f(x) merayakan hari jadi debut mereka yang ke-12 pada hari ini, 5 September 2021. Para member pun merayakan momen ini dengan mengenang masa-masa promosi bersama.

Para member mengucapkan terima kasih pada MeU (penggemar f(x)) yang selalu setia memberikan dukungan hingga saat ini. Meski semua member tengah sibuk dengan kegiatan masing-masing, namun mereka tetap saling dukung satu sama lain.

Merayakan hari debut f(x), yuk, simak perjalanan karier mereka!

1. Debut LA chA TA

[Gambas:Youtube]


f(x) debut dengan merilis single bertajuk LA chA TA yang rilis pada 1 September dan MV dirilis satu hari setelahnya. Mereka pun resmi debut dengan menampilkan lagu tersebut di acara musik MBC Music Core pada 5 September 2009. Di awal debutnya, penampilan f(x) saat itu dimeriahkan oleh teriakan penggemar yang terdengar membahana.

2. Nu ABO Merajai Tangga Lagu Gaon

[Gambas:Youtube]


Di tahun berikutnya, f(x) comeback perdana dengan merilis mini album bertajuk Nu ABO dengan lagu utama berjudul sama. Lagu tersebut sukses secara komersial di Korea dengan merajai puncak tangga lagu Gaon.

Setelah itu, mereka melanjutkan promosi lagu Mr Boogie sebagai single lanjutan dari album mereka. Menjelang akhir tahun 2010, SM Entertainment mengumumkan bahwa album f(x) akan didistribusikan di bawah label Jepang Avex Entertainment di Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Hong Kong.

3. Raih Penghargaan Lewat Lagu Electric Shock

[Gambas:Youtube]


Pada 2012, f(x) merilis lagu Electric Shock yang mendapat pujian dari para kritikus dan meraih 9 kemenangan di acara musik. Lewat lagu tersebut pula mereka berhasil memengkan penghargaan sebagai 'Best Dance Performance - Female Group' di Mnet Asian Music Awards 2012 di Hong Kong. Electric Shock juga berhasil meraih penghargaan untuk 'Best Dance and Electronic Song' di Korean Music Awards.

4. Album Pink Tape Sukses di Korea dan AS

[Gambas:Youtube]


Album Pink Tape yang dirilis pada Juli 2013 dengan lagu utama Rum Pum Pum Pum sukses baik di Korea dan Amerika Serikat. Pink Tape berada di peringkat nomor satu di Billboard's K-Pop Hot 100 dan World Albums Charts, dan berada dipuncak tanggal album Gaon. Lagu B-side Airplane juga menduduki peringkat ketiga di 20 Lagu K-Pop Terbaik 2013 milik Billboard.

5. Promosi dengan 4 Member

[Gambas:Youtube]


Setelah Sulli memutuskan hengkang dari grup, keempat member melanjutkan promosi dengan merilis album 4 Walls. Album ini terjual 66.000 kopi pada minggu pertama rilis dan diterima baik oleh kritikus. Untuk mempromosikan album, f(x) membintangi variety show berjudul f(x)=1cm. Pada 2015, mereka tampil bersama Pet Shop Boys di MAMA dan memenangkan penghargaan 'Global Fans Choice'.

6. Akhir promosi bersama

[Gambas:Youtube]


Setelah merilis album 4 Walls, mereka pun memulai tur konser pertama mereka bernama Dimension 4 di Korea dan dilanjutkan dengna enam konser di Jepang. Di tahun 2016 pula, grup ini akhirnya resmi memiliki nama fandom, MeU. Mereka juga sempat merilis proyek SM Station dengan merilis lagu All Mine yang video musiknya disutradarai dan di-edit sendiri oleh Amber. f(x) pun terakhir melakukan promosi sebagai grup di 2016 dan memulai karier individu mulai dari penyanyi solo hingga akting.

(aay/aay)