20 Lagu Terbaik BoA Buat Merayakan #20years_with_BoA

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 25 Agu 2020 07:00 WIB
BoA Kwon
Foto: BoA rayakan ulang tahun debut ke-20 (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

BoA merayakan 20 tahun kariernya di industri musik K-Pop pada hari ini Selasa (25/8/2020). Sepanjang 20 tahun ke belakang, BoA telah banyak mengukir prestasi.

Kwon BoA debut di usia 13 tahun pada 25 Agustus 2000 dengan lagu berjudul ID; Peace B. Dia disebut-sebut sebagai penyelamat SM Entertainment dari kondisi ekonomi perusahaan yang berada di ambang kebangkrutan saat itu.

Ketika K-Pop masih jadi genre yang disukai oleh segelintir pendengar saja, BoA telah membuka jalan buat artis-artis yang debut setelahnya. Dia adalah solois Korea Selatan yang amat dicintai dan diterima di Jepang. Faktanya, BoA sukses menjadi solois perempuan Korea Selatan pertama yang albumnya sukses di chart Oricon Jepang.

BoA pun sempat dibawa manajemen SM Entertainment menjajal Amerika Serikat. Sebuah album berbahasa Inggris dirilis sebagai gong debut BoA di sana. Namun kala itu penerimaan masyarakat soal genre K-Pop serta teknologi internet yang belum mainstream seperti saat ini tidak menjadikannya sepopuler grup-grup generasi sekarang di AS.

Di luar karier bernyanyinya, BoA pernah menjadi bintang utama sebuah film yang diproduksi di Amerika Serikat berjudul Make Your Move. Film bertema romansa dengan bumbu-bumbu dance seperti Step Up atau Work It. Di Korea, BoA pernah membintangi drama berjudul Athena: Goddess of War yang tayang di SBS (dan sepertinya mendapat banyak dana dari SM Entertainment karena artis-artis SM banyak tampil di drama itu; BoA bahkan menjadi dirinya sendiri di sana).

Pecinta K-Pop masa kini mungkin mengenal BoA karena menjadi pemimpin di Produce 101 Season 2. Sebelumnya dia juga pernah menjadi juri di ajang pencarian bakat lain yaitu K-Pop Star di SBS dan kini coach di The Voice of Korea besutan CJ ENM dan Mnet.

20 tahun karier BoA di industri musik dirayakan SM Entertainment secara spesial. Manajemen yang sudah menaungi BoA selama lebih dari 20 tahun itu belum lama ini meresmikan akun-akun media sosial BoA di Twitter dan Instagram. Emoji spesial BoA pun hadir di berbagai tagar seperti #BoA, #보아, #BoA_Still_Our_No1, #Happy_BoA_20th_Anniversary, #20years_with_BoA, dan #Our_Beloved_BoA.

Proyek SM Station Our Beloved BoA pun dibuat. Penyanyi-penyanyi yang populer saat ini seperti Baekhyun EXO, Red Velvet, BOL4 hingga Gallant menyanyikan ulang lagu-lagu hits BoA pada masanya. Dibawakan dengan gaya masing-masing dan nuansa yang fresh untuk penikmat K-Pop masa kini.

Meski begitu, lagu-lagu original versi BoA masih tetap nyaman untuk disimak. Mendengarkan diskografi BoA di tahun 2020 ini memberikan sebuah rasa nostalgia dalam perjalanan kariernya. Di beberapa lagu juga terdengar musik-musik khas SM Entertainment pada masanya, nuansa 2000-an yang kental, hingga lagu-lagu yang mungkin sangat cocok dibawakan SNSD di awal-awal debut mereka.

Merayakan ulang tahun debut BoA ke-20, berikut lagu-lagu rekomendasi untuk didengarkan:

1. NO.1

[Gambas:Youtube]


2. Only One

[Gambas:Youtube]


3. Atlantis Princess

[Gambas:Youtube]


4. Woman

[Gambas:Youtube]


5. Valenti

[Gambas:Youtube]


6. My Name

[Gambas:Youtube]


7. NEGA DOLA

[Gambas:Youtube]


8. Who Are You

[Gambas:Youtube]


9. MASAYUME CHASING

[Gambas:Youtube]


10. Every Heart

[Gambas:Youtube]


11. One Dream

[Gambas:Youtube]


12. Game

[Gambas:Youtube]


13. Hurricane Venus

[Gambas:Youtube]


14. KEY OF HEART

[Gambas:Youtube]


15. Girls On Top

[Gambas:Youtube]


16. Milky Way

[Gambas:Youtube]


17. Listen To My Heart

[Gambas:Youtube]


18. Amazing Kiss

[Gambas:Youtube]


19. ID; Peace B

[Gambas:Youtube]


20. Kiss My Lips

[Gambas:Youtube]



(ron/nu2)