Member X1 dan IZ*ONE Disebut Sudah Ditentukan Sebelum Voting Final

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 06 Des 2019 11:08 WIB
Foto: X1 (dok. Twitter)
Jakarta - Seiring dengan kasus manipulasi voting seri 'Produce 101' yang terus diinvestigasi lebih jauh, muncul pemberitaan mengejutkan terkait dugaan tersebut. Kini, muncul pernyataan yang menyebut member X1 dan IZ*ONE ternyata sudah ditentukan jauh sebelum voting final dilakukan.

Diberitakan pertama kali oleh Hankook Ilbo, informasi tersebut didapat dari dokumen dakwaan yang diterima oleh anggota dewan Ha Tae Kyung dari Kantor Kejaksaan Pusat Seoul. Tertulis Kim Young Bum, yang merupakan kepala produser, dan Ahn Joon Young, sebagai sutradara, dicurigai telah memutuskan daftar member IZ*ONE dan X1 tanpa mempedulikan voting para penonton.

Dua hari sebelum final 'Produce X 101', tiga orang, termasuk Kim Young Bum dan Ahn Joon Young bertemu di ruang rapat CJ ENM untuk memutuskan 11 trainee yang mereka pilih untuk didebutkan dan juga ranking mereka. Menurut laporan Hankook Ilbo, hal ini dilakukan karena setelah melihat hasil di paruh pertama voting, ada trainee yang sudah debut dengan grup idola lain di peringkat 11 besar, sehingga mereka tak ingin member ini masuk.

Menurut investigasi, pada online dan offline voting pada bulan Mei 2019, jumlah vote sudah dimanipulasi. Sehingga, ada satu trainee yang seharusnya masuk namun pada akhirnya digantikan oleh member lain.



Di ronde ketiga untuk memutuskan 20 besar, mereka juga disebut melakukan metode yang sama untuk menukar 2 orang trainee.

Member IZ*ONE juga kabarnya diputuskan sebelum voting para pemirsa. Kim Young Bum dan Ahn Joon Young sudah memutuskan ke-12 anggota dan peringkat mereka sebelum pemungutan suara yang digelar pada Agustus 2018.

Tak berbeda dari 'Produce X 101', mereka melihat ada member yang tak ingin mereka debutkan di 12 besar dari voting online yang dilakukan pemirsa. Sehingga, mereka menentukan sejak awal daftar member yang mereka inginkan tanpa memasukkan member yang seharusnya memenangkan voting.

Mengenai kabar ini, pihak Mnet dan CJ ENM masih belum bicara.



Simak Video "Jaksa Umumkan Ada Kecurangan di Semua Musim Produce 101"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)