detikHot

kpop

Mengenang Sulli eks 'f(x)' yang Meninggal di Usia 25 Tahun

Senin, 14 Okt 2019 18:00 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Mengenang Sulli eks f(x) yang Meninggal di Usia 25 Tahun Foto: Dok. Instagram/jelly_jilli Mengenang Sulli eks 'f(x)' yang Meninggal di Usia 25 Tahun Foto: Dok. Instagram/jelly_jilli
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari industri musik Korea Selatan. Sulli yang merupakan mantan personil girl group f(x) meninggal dunia di usia 25 tahun.

Kabar tersebut telah dibenarkan oleh manajernya dan polisi. Sulli dikabarkan ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di apartemennya di Seongnam sekitar pukul 16.30 waktu Korea Selatan, hari ini, Senin (14/10/2019).



Kabar ini tentu mengejutkan para penggemar musik K-Pop. Mereka langsung memberikan ucapan belasungkawa lewat media sosial seperti Twitter, hingga nama Sulli memuncaki trending topic.

Sepanjang kariernya, Sulli dikenal sebagai penyanyi dan aktor yang cukup sukses di Korea Selatan. Berikut sosok dan profil Sulli yang dirangkum detikHot:

1. Anak Ketiga dari Empat Bersaudara

Choi Jin Ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli lahir di Busan, Korea Selatan pada 29 Maret 1994. Sulli adalah anak ketiga dari empat bersaudara, ia memiliki dua kakak laki-laki dan satu adik laki-laki.

Sejak kecil, Sulli didaftarkan masuk sekolah akting oleh ibunya. Ia pun sempat menempuh pendidikan sekolah menengah di Chungdam Middle School.

2. Jadi Aktor Cilik

Sulli memulai debut aktingnya di usia 11 tahun. Saat itu ia memerankan Princess Seonhwa of Silla di drama Ballad of Seodong.

Setelah itu Sulli terus mengambil peran-peran kecil di film dan drama seperti Vacation (2006), Punch Lady (2007), The Flower Girl is Here (2007) dan BABO (2008).

3. Debut Bersama f(x)

Sulli bergabung dengan SM Entertainment sebagai trainee saat ia berada di bangku kelas 4 SD. Pada 5 September 2009, ia baru debut bersama f(x) dengan single La Cha Ta.

Sulli meluncurkan tiga album bersama f(x) yaitu Pinocchio (2011), Pink Tape (2013) dan Red Light (2014).

4. Mundur dari f(x)

Di tengah masa promosi album Red Light pada tahun 2014, Sulli memutuskan untuk rehat dari industri hiburan Korea Selatan. Ia merasa lelah secara fisik dan mental karena terus-terusan menghadapi komentar jahat dan rumor tidak benar tentangnya.

Setahun setelah vakum, tepatnya pada Agustus 2015, Sulli memutuskan untuk keluar dari f(x). Setelah itu, ia fokus untuk mengembangkan karier aktingnya.



5. Karier Solo

sepanjang kariernya Sulli telah membintangi beberapa drama televisi dan film. Pada tahun 2012, saat masih bergabung dengan f(x), ia tampil di drama To the Beautiful You. Aktingnya dalam drama ini membuatnya diganjar penghargaan SBS Drama Awards kategori New Star Award.

Selain itu, ia juga tampil lewat cameo di drama Hotel Del Luna yang dibintangi IU. Sulli tampil di episode 10 dari drama populer tersebut.

Karier Sulli juga terus berlanjut sebagai penyanyi solo. Pada tahun 2018, ia berkolaborasi dengan penyanyi Dean lewat single Dayfly. Setelah itu, pada Juni 2019 ia meluncurkan album mini berjudul Goblin.


Video: Perjalanan Karier Sulli: Artis Cilik, Idol K-Pop dan Kini Jadi Solois

[Gambas:Video 20detik]



6. Sering Dibully

Sulli sering buka-bukaan tentang komentar jahat netizen yang ia terima. Ia pun sudah sering buka suara tentang bagaimana pengaruh komentar-komentar tersebut terhadap kesehatan mentalnya.

Salah satunya saat tampil di sebuah variety show, seorang audiens mengatakan bahwa para personel girlband f(X) disarankan menurunkan berat badan.

Namun ketika ia 'menyerang' Sulli, Amber langsung membelanya. Audiens pria tersebut berucap kalau lengan dan betisnya terlalu gemuk. "Kamu boleh berpendapat, tapi jangan menyakiti orang lain," kata Amber.

Selain itu, Sulli juga pernah diserang ketika ia tampak tidak mengenakan bra dalam beberapa foto yang diunggah di Instagram. Dalam sebuah siaran Instagram, ia juga pernah terlihat tidak mengenakannya dan meminta para netizen untuk tidak mengkhawatirkannya.

7. Meninggal Dunia

Sulli meninggal dunia pada Senin, 14 Oktober 2019 pukul 16.30 waktu Korea Selatan. Ia ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di apartemennya di daerah Seongnam setelah tak bisa dihubungi oleh manajernya sejak Minggu (13/10) sore.

Kematiannya sudah dikonfirmasi oleh pihak manajemen dan kepolisian. Sulli ditemukan bunuh diri dengan cara gantung diri di lantai 2 kediamannya. Setelah melakukan pemeriksaan, pihak berwajib menyebut sama sekali tak ada kecurigaan atas tindakan kriminal.
(vmp/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com