detikHot

kpop

Jatuh Bangun B.I, Leader iKON hingga Terjerat Kasus Narkoba

Rabu, 12 Jun 2019 19:32 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: B.I dan Bobby iKON (dok. ist) Foto: B.I dan Bobby 'iKON' (dok. ist)
Jakarta - Tak mudah menjadi seorang idola di Korea Selatan. Begitu juga bagi Kim Han Bin, atau B.I, yang harus berjuang keras demi debut sebagai leader dari boyband iKON.

Sejak usia muda, B.I sudah mendedikasikan dirinya pada musik. Ia bahkan rela menjadi trainee di YG Entertainment, dan meninggalkan sekolahnya.
B.IB.I Foto: B.I 'iKON' (Instagram)

Di usia 13 tahun, B.I muncul pertama kali sebagai rapper di lagu 'Indian Boy' yang berkolaborasi dengan MC MOng pada 2009. Kala itu, ia dipuji-puji karena rapnya yang sudah matang di usia belia.

Pada tahun 2011, B.I pun menjadi trainee YG Entertainment pada Januari 2011. Bersama Bobby dan Kim Jin Hwan, mereka bertiga membentuk formasi awal dari Tim B.

Untuk pertama kalinya, Tim B versi baru diperkenalkan pada publik lewat program 'Who is Next: WIN', di mana B.I, Bobby, Jin Hwan, Yun Hyeong, Dong Hyuk, dan June harus bertanding melawan Tim A agar bisa debut. Walaupun telah menunjukkan kemampuan dance, vokal, rap, dan memproduksi lagu dengan baik, B.I Cs harus menerima kekalahan dan membiarkan Tim A debut sebagai Winner.

Pada 2014, B.I pun kembali menarik perhatian publik setelah tampil bersama Bobby di ajang 'Show Me The Money'. Di bawah mentor Masta Wu dan Tablo 'Epik High', B.I melaju hingga 8 besar dan merilis lagu 'BE I' sebelum tereliminasi.

Di tahun yang sama, Tim B pun kembali mengikuti reality show lain sebelum debut bertajuk 'MIX&MATCH'. Keenam member original Tim B pun berhasil debut, dengan tambahan Chan Woo sebagai anggota baru.
B.IB.I Foto: B.I 'iKON' (Instagram)

Setelah debut, B.I pun turun langsung dalam pembuatan lagu-lagunya. Dan sejumlah lagu seperti 'My Type' hingga 'Love Scenario' berhasil memuncaki tangga lagu di Korea Selatan selama berbulan-bulan, hingga memecahkan rekor yang pernah ada.

Namun sayang, prestasi B.I harus tercoreng dengan tudingan obat-obatan terlarang yang dirilis oleh Dispatch. Sulung dari dua bersaudara tersebut diduga membeli obat-obatan dari 'A' pada 2016 lalu.

Tak lama setelah kabar tersebut terungkap, B.I langsung merilis ucapan permintaan maaf di Instagram dan memutuskan untuk hengkang dari YG Entertainment. Setelahnya, manajemen pun mengkonfirmasi keputusan B.I dan langsung membatalkan kontrak eksklusif.

Hal ini tentu saja sangat melukai hati fans yang sudah mendukung iKON selama bertahun-tahun. Banyak yang sedih akan keputusan B.I meninggalkan para member, dan memintanya untuk kembali bersama iKON.


Tonton juga: Setelah Putuskan Hengkang dari iKON, B.I Dikabarkan Menghilang

[Gambas:Video 20detik]


Tak sedikit pula fans yang mengkritik cara YG Entertainment menangani kasus B.I. Walaupun sudah membantah B.I menggunakan obat-obatan terlarang, namun mereka dinilai buru-buru dalam memutuskan kontrak dengan sang rapper.

Akibatnya, saham YG Entertainment pun turun drastis usai kabar B.I hengkang tersebar ke publik. Saham YG Entertainment yang semula bernilai 31.950 Won (setara dengan Rp 385.000) mengalami penurunan sebesar 4,05 persen yang setara dengan 1.350 Won.
(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed