DetikHot

culture

Saat Penyandang Tuna Grahita Ikut Rayakan Hari Pantomim Sedunia

Kamis, 22 Mar 2018 20:44 WIB  ·   Arif Syaefudin - detikHOT
Saat Penyandang Tuna Grahita Ikut Rayakan Hari Pantomim Sedunia Foto: Hari Pantomim Sedunia (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Peringatan Hari Pantomim Sedunia di Rembang dirayakan oleh komunitas pegiat seni pantomim dengan menggelar aksi jalanan. Yang membuat unik adalah ikutnya sejumlah penyandang tuna grahita dalam aksi teatrikal pantomim yang digelar di Alun-alun kota Rembang, Kamis (22/3/18) sore itu.

Namanya Poniran, penyandang tuna grahita warga Desa Sumberjo Kecamatan kota Rembang. Ia menjadi salah satu anggota komunitas pantomim yang terbilang aktif. Dengan menggunakan bahasa isyarat, ia mengaku dapat mengekspresikan hidupnya lewat seni pantomim.

Sutejo, pegiat pantomim di Rembang menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti tak kurang dari 15 orang. Dalam aksi tersebut, ia mengangkat tema 'Demokrasi Pekok'. Menurutnya, tema tersebut sesuai dengan kondisi demokrasi saat ini.

"Kami menekankan soal demokrasi yang berkembang di Indonesia. Banyak pihak berkoar-koar, tapi efeknya untuk masyarakat tidak lebih baik dibandingkan yang dulu-dulu. Jadi masyarakat harus semakin pintar memilih, jangan mau dikibuli," terangnya, Kamis (22/3/18).

Sutejo mengakui masyarakat terkadang memandang sebelah mata seni pantomim. Padahal di dalamnya mengandung banyak pesan sosial. Begitu pula kritik terhadap pemerintah, biasa ditampilkan melalui gerakan pemain pantomim.

Sutejo bertekad ingin mengenalkan seni pantomim kepada masyarakat umum. Menurutnya, kegiatan tersebut juga menjadi sarana bagi orang berkebutuhan khusus berkesenian.

"Tiap tanggal 22 Maret kan diperingati Hari Pantomim Dunia. Kita kumpul bareng dan pentas bareng. Ternyata di Rembang banyak juga peminatnya, termasuk penyandang tuna grahita. Tuna Grahita pas, karena pantomim ini menonjolkan bahasa tubuh. Jadi kesenian nggak hanya dilakukan kaum normal, yang berkebutuhan khusus juga bisa," pungkasnya.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed