Kisah Seru Arifin Putra Terlibat Pelestarian Harimau Sumatera
Kisah Seru Arifin Putra Terlibat Pelestarian Harimau Sumatera
Selasa 10 Jan 2017 | 16:15 WIB

Kisah Seru Arifin Putra Terlibat Pelestarian Harimau Sumatera

Foto: Asep Syaifullah
Arifin Putra terlibat dalam kampanye 'Double Tigers' di WWF.
 

Memiliki predikat keartisan memang tidak selalu berada di antara hingar bingar gemerlapnya kehidupan sebagai seorang selebriti. Bintang serial televisi 'HalfWorlds' Season 2 ini punya kepedulian pada lingkungan hidup, dan kini tengah sibuk dalam keterlibatannya dalam usaha pelestarian kelangsungan hidup satwa liar di Indonesia, terutama Harimau Sumatera.

detikHOT berkesempatan berbincang hangat dengan Arifin Putra, aktor blasteran Indonesia - Jerman yang menjadi tamu Celeb of the Month edisi Januari 2017. Dengan ramah, sambil tak tak henti melontarkan senyum, Arifin menceritakan ketertarikannya untuk mengikuti kegiatan sosial yang mungkin tak banyak membuat seorang artis seperti dirinya tergerak untuk terlibat dalamnya

Kisah Seru Arifin Putra Terlibat Pelestarian Harimau SumateraFoto: Asep Syaifullah

Dalam kegiatan yang berada di bawah World Wild Fund for Nature (WWF) itu, Arifin mengikuti kampanye 'Double Tigers', yakni bagaimana meningkatkan populasi Harimau Sumatera yang saat ini kurang lebih hanya 371 ekor. Bukan semata label atau predikat 'duta' yang secara simbolik disematkan pada dirinya, namun pria yang fasih tiga bahasa itu turun langsung ke lokasi tempat hidup sang binatang.

"Mau diceritain apa dulu nih?" tantangnya seraya tertawa.

"Sebenarnya gue ngerjain semuanya. Tapi gue bilang mendingan fokus ke satu hal yang akhirnya benang merahnya adalah wild life, apakah gue duta atau nggak itu kan title ya," lanjutnya.

"Kalau buat gue title-nya apa (nggak penting), tapi kalau gue akan lebih fokus ke wild life. Gue sudah bantu untuk kampanye mereka 'double tigers', karena mereka mau men-double populasi Harimau Sumatera. Yang kalau sekarang ini kalau nggak salah saat ini kurang lebih 371 dan mereka mau nambahin menjadi 700 (ekor), itu gue udah ikut bantu. Selain itu gue juga udah dibawa ke Sumatera, ada satu tempatnya WWF namanya Rimbang Baling, itu mereka kerja sama dengan penduduk lokal juga," sambungnya lagi panjang lebar dan penuh semangat.

Terjun langsung melihat serta mengamati bagaimana satwa liar hidup di pedalaman Sumatera, Arifin juga mencoba mensosialisasikan pada masyarakat setempat dalam penggunaan mata air yang berasal dari sungai sekitar. Menurutnya, perlu juga diperhatikan hal kecil seperti kebersihan air sungai.

"Mereka memonitor dan usahain air sungainya itu terjaga, bersih, kenapa? Karena desa-desa di daerah situ itu semua sangat, 100 persen tergantung sama sungai itu. Dengan air itu jadi mereka cuci baju di situ, mereka juga ambil air dari situ, mereka buang hajat di situ, mereka bersihin sapi dan lain-lain di situ," tuturnya.

"Dan mereka juga bangun perahu di situ, jadi buat mereka itu sungai sangat penting. Tetapi kan harimau di situ juga ada, harimau juga perlu air itu juga, jadi itu mereka ada inisiatif di situ," lanjutnya.

Kisah Seru Arifin Putra Terlibat Pelestarian Harimau SumateraFoto: Asep Syaifullah

Keterlibatannya secara langsung dalam kampanye tersebut berawal dari kepeduliannya dalam bentuk bantuan materi ke WWF. Ia juga diajak bersaudara berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo, Riau. Di sini, Arifin punya cerita yang lain lagi.

"Di situ beda lagi masalahnya, di situ masalahnya gajah gajah liar suka kadang-kadang nggak sengaja menyerang desa, karena mereka mau makan di situ," ujarnya.

"Kebanyakan petani kalau dulunya tahunya ada gajah nyerang ya mereka bunuh aja, tapi kan yang mereka bilang memang bukan ngebunuh tapi memang daripada hancurin pertanian gue, hasil tani gue. Akhirnya sama WWF dibikin namanya flying squads, jadi ada beberapa gajah terlatih dimana ibaratnya jadi polisi, polisi gajah. Jadi kalau sampai ada gajah menyerang satu desa mereka tinggal telepon, mereka akan datang dengan gajah, jadi gajah lawan gajah, jadi ibaratnya gajah itu ngusir," paparnya seru.

Wardrobe by H&M Indonesia.
Properti : Ducati Scrambler Icon.
Lokasi : Garasi 66, Jakarta Selatan.

* * *
Related Articles
Latest Articles