detikHot

d'Happening

Pesan ArifIn Ilham: Jangan Ngaku Muslim Jika yang Keluar dari Mulut Kotor

Sabtu, 01 Jun 2019 19:05 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham diakui keluarganya merasa miris saat banyak mereka yang patuh pada agama dan mengaku muslim terjerumus dalam fanatisme. Tidak bisa menahan rasa fanatiknya, mereka akhirnya berujung pada saling caci dan menyalahkan.

Muhammad Alvin Faiz ingat betul bagaimana sang ayah mengingatkan untuk jangan sekali-kali bicara kotor. Perdamaian dan persatuan terjaga jika bisa saling menjaga ucapan.

"Intinya jangan mengaku muslim kalau apa yang keluar dari mulut kita itu yang kotor-kotor. Jaga persatuan, jaga perdamaian karena dua duanya calon itu, waktu itu baru beres banget Pilpres, dua-duanya orang baik dan Abi memang dekat dengan dua-duanya," cerita Alvin Faiz kepada detikcom.



"Jadi beda pilihan bukan berarti kita harus menghina, mencaci, kan tidak mencerminkan seorang muslim. Jadi pesan Abi ke Alvin tuh itu. Ingat banget, jadi intinya sebagai muslim yang berbeda dengan kita, berbeda keyakinan, berbeda pilihan, doakan," bebernya.

Pilihan politik setiap orang di mata almarhum ustaz Arifin Ilham tak bisa dipaksakan. Setiap orang punya pilihan masing-masing.

Pesan ArifIn Ilham: Jangan Ngaku Muslim Jika yang Keluar dari Mulut KotorFoto: Asep Syaifullah/detikHOT


Suami dari Larissa Chou juga menuturkan seringkali Arifin Ilham menegur mereka yang tak bisa menjaga lisannya. Arifin Ilham diakui dekat dengan Joko Widodo, tapi saat ada yang tidak disetujui, dia akan sangat dengan senang hati memberikan surat terbuka untuk sang Presiden.

"Abi sering negur, misalnya ada sosok-sosok yang mulutnya tak bisa dijaga. Dalam artian ketika berbeda pandangan dimaki dan dicaci. Ketika ada yang salah dengan pemimpin, Abi dulu sama Pak Jokowi dekat, tapi ketika ada ketidaksetujuan dengan ada kontra dengan Pak Jokowi, Abi mengirimkan surat terbuka, dan itu pun akhlak bahasanya santun, tidak ada caci maki," papar Alvin.

Ustaz Arifin Ilham yakin jika hati kita bersih, apa yang keluar dari lisan juga pasti bersih. Begitu pun sebaliknya jika ada yang di dalam hati seseorang itu kotor, maka lisan yang keluar juga akan kotor.

"Alvin ingat nasihat terakhir abi sebelum wafat itu salah satu tentang itu, inget banget sore. Kurang lebih seperti ini, alvin ada adek saya juga ada ibu juga, apa yang keluar dari mulut kita itu apa yang ada di hati kita. Kalau hati kita bersih diisi dengan zikir dengan ibadah pasti yang keluar yang baik-baik. Tapi kalau hati kita kotor diisi dengan hal-hal yang buruk pasti yang keluar yang buruk juga," tegas Alvin mengenang nasihat almarhum ustaz Arifin Ilham.


(pus/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com