detikHot

celeb

Ini 5 Peninggalan Ustaz Arifin Ilham Paling Bernilai

Selasa, 28 Mei 2019 04:17 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: dok. Facebook Foto: dok. Facebook
Jakarta - Hampir seminggu sepeninggalan ustaz Arifin Ilham, kenangan akan dirinya masih terus diingat oleh keluarga dan anak-anaknya. Terlebih banyak peninggalan sang ulama.

Berikut peninggalan ustaz Arifin Ilham yang paling bernilai:

1. Jubah dan Baju

Dua hari lalu, istri ustaz Arifin Ilham, Yuni Djamaluddin mengajak anak-anaknya, ke ruang ganti baju sang ustaz. Yuni berniat membagikan baju dan jubah yang biasa digunakan sang suami ke anak-anaknya.

"Ketika kumpul semua anak-anak di situ, mama bilang, Nak sini ke ruang ganti baju abi gitu. Ada ruangan khusus ya di sini banyak gamis abi. Alvin mau yang mana dipakai aja ke masjid kalau salat biar ada pahala yang mengalir," kata Alvin menirukan perkataan ibunya.

Bahkan anak terakhir ustaz Arifin Ilham yang belum genap dua bulan selalu tenang dan tak rewel saat diselimuti oleh baju dan kain almarhum ayah.

Ini 5 Peninggalan Ustaz Arifin Ilham Paling BernilaiAlvin memakai jubah milik ustaz Arifin Ilham Foto: dok. Instagram


2. Tasbih

Selama berdakwah, ustaz Arifin Ilham selalu menggenggam tasbih berwarna hitam. Tak disangka, tasbih tersebut ditemukan oleh Alvin dalam kantung jubah berwarna merah milik sang ayah yang dia pakai.

"Dan ternyata ada tasbih di sini, ya Allah seketika hatiku bergetar terharu. Teringat nasihat Abi yang senantiasa mengingatkan kami bahwa Abi tidak akan putus zikir setiap harinya minimal 1.000 kali istighfar per hari. Ya Allah kami menjadi saksi bagaimana istiqamahnya Abi selama ini, ampuni semua dosanya, bahagiakan Abi di sana ya Allah, Amiin," tulis Alvin dalam Instagram storiesnya.

Ini 5 Peninggalan Ustaz Arifin Ilham Paling BernilaiTasbih peninggalan ustaz Arifin Ilham Foto: dok. Instagram


3. Pesantren Az Zikra

Selain sebagai pendakwah, ustaz Arifin Ilham juga mempunyai pesantren yang dia dirikan, yakni Pondok Pesantren Az Zikra. Arifin Ilham mewasiatkan kepada anak-anaknya untuk menggantikannya berdakwah.

Alvin juga menerima amanah untuk menjaga pondok pesantren binaan sang ayah selama ini.

"Sebenarnya itu sudah amanah, kalau dibilang siap pasti Alvin nggak bisa jawab tapi Alvin akan gantikan pasti Alvin akan jaga apa yang Abi udah bangun selama ini dan Insyaallah kami mohon doa. Pesan terakhir jaga pesantren jaga Az Zikra, jaga keluarga sayangi umat itu pesan abi yang selalu abi sampaikan," ucap Alvin.

Ini 5 Peninggalan Ustaz Arifin Ilham Paling BernilaiPesantren Az Zikra Foto: Hanif Hawari/detikHOT


4. Rekaman Suara dan Video

Ustaz Arifin Ilham belum pernah mencium dan menggendong anaknya, Shofia, buah cinta antara dirinya dengan Ummi Akhtar. Tapi, sang istri sudah mengabadikan rekaman suara sang suami untuk kelak diperdengarkan kepada sang anak.

Cukup banyak video dan rekaman suara yang ditinggalkan oleh ustaz Arifin Ilham berisikan pesan dan nasihat untuk istri dan anak-anaknya. Seperti yang di-repost oleh Alvin ketika sang ayah bahagia bisa menggendong cucu pertamanya.

Ada juga video yang diabadikan saat ustaz Arifin Ilham memberikan wasiat soal kematian kepada istrinya, Yuni Djamaluddin.

[Gambas:Instagram]



5. Lantunan Zikir

'Subhanallah walhamdulillah walaailahaillallah wallahuakbar'

Zikir harian itu memang sudah sering dilantunkan. Tapi, saat zikir itu terucap dari mulut ustaz Arifin Ilham banyak jamaah majelis zikir yang meneteskan air matanya.

Suara serak ustaz Arifin Ilham membuat zikir tersebut sangat mengena di hati. Bahkan sang ustaz pun selalu menangis saat melantunkannya.

"Saya rasa ini intonasi yang akan selalu diingat. Selain zikir itu beliau juga sering membawakan salawat Nabi yang pasti akan selalu dirindukan. Ini akan jadi peninggalan ustaz bukan cuma peninggalan tapi juga amalan. Subhanallah," sambung Yusuf Mansur

Termasuk juga cara sang ustaz melantunkan salawat nabi.

'Ya Nabi Salam 'Alaika. Ya Rasul Salam 'Alaika. Ya Habib Salam 'Alaika. Sholawatullah 'Alaika' itulah salawat Nabi yang juga sering dibawakan oleh ustaz Arifin Ilham.

[Gambas:Instagram]


Tonton juga video Putra Kedua Ustaz Arifin Ilham Akan Teruskan Dakwah Sang Ayah:

[Gambas:Video 20detik]


(pus/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed